Home » Artikel » BAHAYA RESIDU ANTIBIOTIK PADA AYAM

BAHAYA RESIDU ANTIBIOTIK PADA AYAM

by | Jul 19, 2019 | Artikel

Apa bahayanya residu antibiotik pada ayam? tentu hal ini harus dipahami oleh semua masyawarak awam, terutama orangtua yang ingin memberikan segala sesuatu yang sehat untuk anaknya. Masalahnya tidak semua pedagang jujur dan mengedukasi. Kami Natural Poultry tidak hanya sekedar menjual produk tapi memberikan value dari produk yang kami tawarkan karena menang sangat penting untuk kesehatan keluarga Indonesia semuanya.

Perlu ditegaskan kembali bahwa produk ayam dari Natural Poultry adalah ayam probiotik, bukan ayam antibiotik . Apakah perbedaannya? Ayam yang diternak dengan diberi pakan bercampur Antibiotic Growth Promoters (AGP), fungsinya untuk mencegah ternak supaya tidak mudah sakit dan mempercepat pertumbuhannya sehingga lebih cepat dipanen. Dan antibiotik itu sudah tidak lagi disuntikkan loh Mom’s melainkan dicampur dengan makanan dan minuman ternak karena jumlahnya yang besar. Jadi sebetulnya istilah “ayam suntik” itu sudah tidak ada lagi di jaman modern ini.

Oleh sebab itu jika masih berpikir bahwa memakan salah satu bagian tubuh ayam misalnya sayap kemudian akan berdampak kepada kesehatan hormonal akibat posisi suntikan di sayap itu tidaklah tepat. Antibiotik ditambahkan dalam makanan dan minuman ternak. Kemudian residu antibiotik terdapat pada pada jaringan otot ayam atau telur yang kita makan.

Namun ternyata bahaya residu antibiotik bagi tubuh manusia yang memakan ayam dan juga termasuk telur ayam tersebut cukup signifikan. . Adapun bahaya tersebut antara lain:

  • manusia mengalami resistensi (kebal) pada beberapa jenis antibiotik.
  • saat sakit, perlu dosis antibiotik yang lebih besar dan lebih banyak jumlahnya
  • bakteri yang resistan tersebut akan menyebar dan jika terus menerus terkena residu antibiotik akan semakin kuat. Sehingga susah untuk diobati.

Permasalahan ini cukup mengancam kesehatan dunia loh Mom’s jadi ini adalah hal yang sangat serius. Bahkan sejak 2015 lalu, WHO ( World Health Organization ) sampai mencanangkan adanya minggu “antibiotic awareness” yang jatuh di setiap bulan November.

Mulailah peduli resiko bahaya antibiotik untuk kesehatan keluarga kita dan generasi penerus yang akan datang dengan mengkonsumsi ayam bebas antibiotik yaitu produk ayam dari Natural Poultry.

0 Comments