Home » Cooking Tips & Trick » Resep Ayam Serundeng Lezat Untuk Pemula. Ini Tips Cara Memasaknya

Resep Ayam Serundeng Lezat Untuk Pemula. Ini Tips Cara Memasaknya

Apr 21, 2021 | Cooking Tips & Trick

Resep Ayam Serundeng – Kita mungkin cukup sering menikmati hidangan ayam serundeng. Hidangan ini tidak sulit untuk ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Tetapi, kebanyakan dari kita berpikir untuk memasak hidangan ini perlu cara yang ribet dan bahan yang cukup sulit ditemukan.

Di sini kita akan memberikan cara termudah membuat ayam serundeng untuk pemula. Dengan bahan yang mudah ditemui dan cara yang sederhana, kita dapat memasak serundeng di rumah, apartemen, bahkan kost-kostan.

Sebelum lebih lanjut membahas resep ayam serundeng, yuk simak dulu asal muasal serundeng yang ternyata sudah lama menjadi hidangan khas Nusantara.

Serundeng, Hidangan Khas Nusantara

Siapa sangka, serundeng merupakan makanan yang menjadi pusaka nenek moyang kita. Bentuknya yang seperti abon dan rasanya yang gurih renyah ternyata sudah menjadi makanan khas turun-temurun bagi sajian kuliner Indonesia. Bahan bakunya yang mudah ditemui yaitu kelapa membuatnya bisa selalu eksis sampai saat ini.

Walaupun masih belum ditemukan dari mana asal makanan berbahan baku parutan kelapa ini, yang pasti hidangan ini menjadi makanan khas Nusantara yang patut dilestarikan. Salah satu daerah yang cukup sering menghadirkan serundeng di hidangannya adalah Tatar Sunda Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Ada juga di daerah Kepulauan Riau dan Makassar memiliki serundeng khasnya masing –masing. Sumatera Barat misalnya yang memiliki serundeng yang berbahan dasar kentang dan ubi. Di Pulau Jawa, kita sering kali melihat serundeng menjadi makanan pelengkap untuk hidangan ayam goreng.

Tapi, ternyata tidak hanya ayam goreng, serundeng bisa menjadi teman makan untuk hidangan lainnya.

Kombinasi Juara, Ayam dan Serundeng

Serundeng dan Ayam jadi kombinasi yang paling marak kita lihat di rumah makan ayam goreng. Gurih dan renyahnya serundeng, serta lembutnya ayam goreng, berpadu jadi rasa yang cocok di lidah. Apa lagi jika ditambahkan sambal dan nasi panas.

Para pecinta ayam goreng serundeng, pasti ingin juga dapat menikmatinya di rumah. Selain lebih bersih, makanan yang dimasak di rumah juga jadi lebih sehat.

Ternyata, memasak ayam serundeng itu tidak sesulit yang kita pikirkan. Yang terpenting adalah menyiapkan bumbu yang diperlukan dan daging ayam. Selanjutnya, kita dapat menggunakan resep pilihan dan memasak dengan tahapan-tahapan yang tepat.

Simak resep di bawah ini untuk mendapatkan kenikmatan ayam serundeng!

Resep Ayam Serundeng

Sebelum memasak, siapkan bahan-bahan di bawah ini. Berikut resep untuk membuat 4-6 porsi ayam serundeng. Jika ingin menambah atau mengurangi porsi, jumlah bahan dapat disesuaikan dengan porsi yang diinginkan.

Bahan utama:

  1. 1 ekor ayam (potong jadi 4-6 bagian)
  2. 1/2 buah jeruk nipis
  3. 1 buah kelapa, parut
  4. 300 ml air
  5. Bahan bumbu halus:
  6. 5 buah cabai keriting
  7. 5 buah cabai rawit
  8. 5 cm kunyit
  9. 2-3 ruas lengkuas
  10. 1/2 ruas jahe
  11. 5 butir kemiri
  12. 5 siung bawang merah
  13. 3 siung bawang putih
  14. 1 sdt ketumbar
  15. 1 sdt garam
  16. 1 sdt penyedap rasa
  17. 2 sdm minyak goreng
  18. Bumbu tambahan:
  19. 3 lembar daun salam
  20. 3 lembar daun jeruk purut
  21. 2 batang serai (geprek)

Cara Memasak Ayam Goreng :

  1. Ayam yang sudah dipotong menjadi 4-6 bagian dibaluri dengan jeruk nipis. Diamkan selama beberapa saat dan sisihkan.
    Siapkan blender dan masukkan bumbu halus untuk diblender hingga merata.
  2. Bumbu halus yang sudah diblender ditumis hingga harum di atas wajan anti lengket. Masukkan bumbu tambahan, yaitu daun salam, daun jeruk purut, dan serai yang sudah digeprek. Tumis hingga warna menjadi lebih gelap.
  3. Masukkan potongan ayam dan aduk sehingga baluran bumbu merata di permukaan daging ayam. Masak hingga permukaan daging ayam berubah warna menjadi pucat.
  4. Tuang air dan aduk hingga merata. Tunggu hingga air mendidih.
  5. Selanjutnya,,masukkan parutan kelapa dan aduk hingga merata.
  6. Masak hingga air menyusut dan parutan kelapa mulai kering. Untuk memastikan bumbu meresap sampai ke tulang, pastikan air benar-benar menyusut hingga habis. Jika sudah, matikan api dan pisahkan ayam dengan kelapa.
  7. Agar bumbu lebih meresap lagi, kita dapat memasukkan ayam yang sudah dibumbui ke dalam lemari es selama beberapa jam atau semalaman. Cara ini dapat membuat rasa ayam menjadi lebih gurih dan bumbu akan meresap sampai ke tulang.
  8. Jika ingin langsung dimakan, ayam yang sudah dibumbui dapat langsung digoreng dalam minyak panas. Minyak disarankan cukup banyak sehinnga ayam dapat tenggelam di dalam minyak. Goreng hingga setengah matang, lalu masukkan serundeng kelapa.
  9. Masak hingga kecoklatan lalu matikan api dan tiriskan.

Tips Menyimpan Serundeng

  1. Serundeng yang sudah dimasak dan dibumbui dapat dimasukkan ke dalam wadah tertutup dan disimpan di dalam lemari es.
  2. Ayam dan serundeng dapat digoreng masing untuk dihidangkan secara terpisah.
  3. Jika tidak menyukai serundeng yang berminyak, metode mengungkep dapat dilakukan untuk meminimalisir kandungan minyak pada serundeng. Cara ini dilakukan saat mengungkep ayam dan serundeng.
  4. Setelah ayam diangkat, masak serundeng dengan api sedang sambil terus diaduk hingga serundeng mengering dan berubah warna menjadi coklat kegelapan.
  5. Tidak hanya asin, serundeng juga dapat dikreasikan menjadi lebih manis. Untuk memberikan rasa manis, taburkan gula ke dalam kelapa setelah ayam diangkat dari wajan. Lalu masak hingga sesuai selera.

Tadaaa! Ayam serundeng siap dihidangkana dengan nasi hangat dan sambal. Selain itu serundeng juga dapat disimpan dan disajikan untuk hidangan lainnya seperti daging sapi, taburan untuk soto, ketan, atau burasa (masakan khas Makassar). Serundeng juga dapat ditaburkan di atas nasi hangat sebagai lauk.

Nikmatnya ayam serundeng memang menjadi hidangan favorit untuk berbagai kalangan, dari dewasa sampai anak-anak. Maka dari itu, akan lebih baik juga dapat membuat ayam serundeng yang lebih sehat dan aman dikonsumsi oleh semua usia. Ayam probiotik dan ayam kampung organic Natural Poultry bisa jadi pilihan.

Ayam Natural Poultry memiliki kandungan protein 22% lebih banyak daripada ayam lainnya. Lemak di bawah permukaan kulitnya pun lebih sedikit dari ayam lainnya. Sehingga hidangan dapat menjadi lebih sehat dan aman untuk dikonsumsi semua usia dari anak-anak hingga usia lanjut. Selain lezat juga lebih sehat.

Yang paling memudahkan kita dalam memasak, ayam dari Natural Poultry tidak memiliki bau amis, sehingga dapat dimasak tanpa memberikan jeruk nipis terlebih dahulu. Lebih hemat waktu dan tenaga dengan hasil yang maksimal. Walaupun tidak perlu diberikan jeruk nipis, kelezatannya tetap terjaga.

Tidak perlu khawatir, ayam dari Natural Poultry memiliki cita rasa khas. Sehingga memberikan rasa yang sangat gurih jika diolah menjadi ayam serundeng. Ayamnya gurih, dagingnya lembut, dan bumbunya meresap hingga ke tulang. Dijamin cocok untuk dinikmati seluruh keluarga. Selamat mencoba resep ayam serundeng yang lezat ini.

Sumber :
https://sumsel.idntimes. com/food/recipe/putriana-cahya/resep-membuat-ayam-goreng-serundeng-regional-sumsel/3
https://fokusjabar. id/2020/05/23/serundeng-kuliner-pusaka-nusantara/
https://www.popmama. com/life/health/rizqia/resep-cara-membuat-ayam-serundeng-enak/3

0 Comments