Home » Resep Keluarga » Resep Ayam Rica-Rica yang Bikin Nagih, Begini Caranya!

Resep Ayam Rica-Rica yang Bikin Nagih, Begini Caranya!

Apr 12, 2021 | Resep Keluarga

Bagi para pecinta olahan pedas, tentu sudah tidak asing lagi dong dengan resep ayam rica-rica yang satu ini. Menikmatinya dengan sepiring nasi panas atau bahkan ayamnya saja sudah bikin nambah berkali-kali. Gurih dan pedasnya sambal rica-rica bercampur menjadi satu. Ditambah tekstur daging ayamnya yang lembut, duh pasti bikin siapapun jadi ketagihan saat melahapnya.

Ayam rica-rica, hingga kini terus menjadi andalan menu bagi para pecinta pedas. Termasuk pula, penyuka olahan ayam. Tingkat kepedasannya pun bisa ditentukan sesuai selera. Bahkan, cara membuatnya pun terbilang mudah dan bahan-bahannya sangat mudah diperoleh. Jadi, tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu Anda ingin membuatnya di rumah. 

Jika ingin lebih praktis lagi, olahan ayam rica-rica sudah bisa Anda temukan di berbagai food store atau warung makan. Jadi, tidak perlu repot jika sedang malas memasak di rumah. Namun, jika ingin memasaknya sendiri, tidak ada salahnya bukan untuk mencoba? Selain lebih sehat, tentu harganya pun jauh lebih terjangkau dan lebih puas saat menyantapnya. Nah, sebelum lanjut, cari tahu dulu yuk perbedaan saus rica-rica dan mercon di bawah ini!

 

Sambal Rica Rica vs Sambal Mercon, Lebih Enak Mana?

Saat ini, beberapa varian sambal sudah banyak kita temukan di berbagai tempat dengan ciri khasnya yang memikat, sebut saja diantaranya sambal rica-rica dan mercon. Sehingga, para pecinta pedas ini pun tentu akan semakin dimanjakan lidahnya dengan rasanya yang menggiurkan. Namun, kurang lengkap jika sebagai penikmatnya kita tidak tahu, apa yang menjadi pembeda antara sambal rica-rica dan mercon ini yang keberadaannya semakin populer.

Seperti diketahui, sambal rica-rica ini merupakan sambal nusantara yang legendaris dan berasal dari Manado dengan citarasa pedasnya yang khas. Terbuat dari bahan-bahan alami, seperti cabai merah keriting, cabai rawit, tomat, bawang merah, jahe, dan serai muda. Serta, tidak lupa daun jeruk dan tambahan perasan air jeruk sebagai pelengkapnya. Membuat, rasa sambal rica-rica satu ini semakin nikmat saat disantap.

Berbeda halnya dengan, sambal mercon. Keunikannya terletak pada cabai rawit merah yang jumlahnya lebih banyak dan menjadi bahan utama dalam pembuatan sambal mercon. Meski begitu, bahan-bahan pelengkap lainnya tidak lupa ditambahkan agar citarasa yang dihasilkan semakin gurih dan nikmat. Adapun, sambal mercon ini seringkali dicampurkan dengan daging, ayam, ikan, tulangan, bahkan ceker. Tak jauh berbeda dengan sambal rica-rica yang dapat dipadupadankan dengan berbagai jenis olahan lauk.

Jadi, lebih enak sambal rica-rica atau sambal mercon nih? Yuk, pilih dan temukan selera pedasmu!

 

Kenikmatan Ayam Rica Rica yang Bikin Nagih!

Bagi kamu pecinta pedas, mesti cobain nih membuat sendiri olahan lauk Ayam Rica-rica. Rasanya yang enak dan lezat, cocok loh untuk mengisi acara kumpul makan bersama keluarga di rumah. Lantas, bagaimana sih cara membuatnya? Selengkapnya, yuk intip resep ayam rica-rica di bawah ini!

 

Resep Ayam Rica Rica


Bahan Utama:

  • 1 ekor ayam, potong 8
  • 100 ml air
  • 3 sdm minyak goreng

Bumbu Halus:

  • 5 siung bawang putih
  • 8 siung bawang merah
  • 1 buah tomat
  • 7 buah cabai rawit merah
  • 3 batang serai, iris tipis
  • 3 cm jahe
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 2 sdt garam

Bumbu Pelengkap:

  • 4 lembar daun jeruk, iris tipis
  • 2 lembar daun kunyit, iris tipis
  • 1 lembar daun pandan iris tipis
  • 1 sdm perasan air jeruk nipis

Cara Pembuatan Resep Ayam Rica Rica:

  1. Siapkan bumbu halus dan haluskan sampai rata
  2. Panaskan minyak, lalu masukkan bumbu halus dan tumis hingga harum
  3. Masukkan 8 potong ayam,
  4. Tambahkan daun jeruk, daun pandan, daun kunyit, dan perasan air jeruk, aduk hingga rata
  5. Masukkan air, lalu masak ayam hingga airnya menyusut dan bumbunya meresap dengan baik
  6. Angkat dan sajikan di piring saji, porsi untuk 8 orang.

 

Pilihlah Ayam yang Berkualitas Sebelum Memasak

Saat ingin mengolah ayam rica-rica, hendaknya kita perlu memperhatikan komposisi bahan yang akan digunakan. Salah satunya adalah dengan memilih jenis ayam yang berkualitas. Agar rasa yang dihasilkan tidak hanya enak, namun juga tekstur dagingnya empuk dan punya manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh kita. 

Natural Poultry, menjadi rekomendasi yang tepat bagi kita untuk bisa mendapatkan pilihan daging ayam probiotik yang berkualitas. Mengingat, ayam Natural Poultry ini dikenal memiliki kandungan protein yang tinggi. Berdasarkan hasil lab yang menunjukkan adanya kadar protein dalam kandungan ayam probiotik Natural Poultry sebesar 22%, dan angka ini sendiri dinilai lebih tinggi dibanding kandungan protein pada jenis ayam umumnya.

Disamping itu, ayam probiotik Natural Poultry ini juga rendah lemak dan tidak bau amis, baik itu saat daging ayam mulai diolah hingga saat dikonsumsi. Daging ayam Natural Poultry ini pun termasuk cepat empuk saat dimasak sehingga lebih efisien dan tidak memakan waktu lama. Tekstur dagingnya yang cepat empuk ini membuat bumbu jadi lebih cepat meresap, jadi tidak perlu membutuhkan banyak bumbu tambahan saat pengolahannya.

Menariknya lagi, ayam probiotik Natural Poultry ini juga memiliki rasa gurih alami yang membuatnya berbeda dengan ayam-ayam biasanya. Uniknya, rasa gurih alami ini dapat dihasilkan ketika dimasak tanpa menggunakan bumbu apapun. Sehingga, dagingnya bisa langsung dimakan tanpa harus memberikan seasoning terlebih dahulu.

Ayam probiotik Natural Poultry ini juga tidak susut saat dimasak. Dengan kata lain, volume atau ketebalan dagingnya ini tidak menyusut sehingga saat mengkonsumsinya pun tentu akan lebih puas. Adapun, jenis ayam yang dijual di Natural Poultry ini antara lain ayam kampung, ayam cemani, ayam probiotik, dan young probiotik chicken. 

Disebut sebagai ayam probiotik, hal ini dikarenakan ayam-ayam yang ada di Natural Poultry ini mendapat asupan berupa bakteri Lactobacillus dan juga 11 pilihan rempah-rempah herbal berkualitas, seperti kunyit, temulawak, jahe, kencur, bawang putih, sambiloto dan lain-lain. Otomatis, kandungan lemak yang terdapat di dalamnya tergolong rendah dibanding ayam-ayam pada umumnya, yakni sekitar 9,15%. Kandungan lemak yang rendah ini pula membuat kandungan kolesterol pada ayam juga rendah. Sehingga, tidak hanya higienis namun juga sehat dan aman dikonsumsi oleh tubuh.

Selain itu, diketahui pula kandungan probiotik pada ayam berfungsi untuk menjaga keseimbangan mikro-ekosistem pada sistem pencernaan. Terlebih, ayam yang diternak dengan mendapat asupan probiotik ini diketahui memiliki kekebalan tubuh yang baik. Jadi, tidak perlu khawatir lagi ya saat memilih ayam di Natural Poultry. Karena sudah terbukti aman, sehat, dan higienis.

Khusus bagi Anda yang tengah menjalani pola hidup sehat, ayam probiotik Natural Poultry ini sangat tepat untuk memenuhi kebutuhan protein keluarga setiap hari. Mau dikreasikan menjadi resep apapun, ayam Natural Poultry ini sangat cocok dan mudah untuk diolah. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, pilih ayam Natural Poultry sekarang juga!

0 Comments