Home » Artikel » Resep Ayam Lada Hitam, Menu Rumahan Rasa Berkelas Ala Restoran

Resep Ayam Lada Hitam, Menu Rumahan Rasa Berkelas Ala Restoran

by | May 4, 2021 | Artikel, Cooking Tips & Trick, Resep Keluarga

Kamu sedang mencari resep masakan yang simpel tetapi tetap sehat? Menumis adalah cara yang paling cepat, mudah, hemat, dan lezat untuk menyiapkan makanan. Berikut resep ayam lada hitam yang bisa kamu coba dirumah.

Teknik masak dengan cara menumis berasal dari Tiongkok. Metode menumis adalah dengan terus mengaduk bahan-bahan masakan yang kamu miliki dengan sedikit minyak panas untuk beberapa menit. Saat ini, menumis sangat erat dikaitkan dengan masakan dan hidangan Asia. Ada banyak gaya memasak berbeda yang ditemukan dalam masakan Asia.

Olahan daging ayam sangat lekat dengan masakan khas Indonesia. Dari menu sarapan hingga makan malam, sudah pasti orang Indonesia tidak asing lagi dengan olahan daging ayam. Pada kesempatan kali ini, aku akan berbagi resep seputar olahan daging ayam yaitu ayam lada hitam. Menu masakan oriental ini pada umumnya menggunakan daging sapi. Namun jangan khawatir, versi daging ayamnya juga tak kalah enak!

Sajian ini dapat menjadi alternatif bagi kamu yang ingin memasak super simpel, rendah kalori dan tentunya sangat sehat. Jika kamu menyukai rasa lada, ayam lada hitam wajib banget untuk jadi bagian dari menu andalan masakan kamu! Bayangkan paprika hijau yang renyah, bawang merah tumis, irisan seledri yang renyah dan daging ayam yang empuk di setiap suapannya.

Resep ayam lada hitam ini hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk dapat disajikan. Tidak salah lagi bahwa menu ini bisa dijadikan sajian andalan setiap waktu baik disajikan untuk diri sendiri atau pun bersama orang-orang tersayang.

Selain cocok disajikan setiap saat, ayam lada hitam adalah makanan pilihan untuk makan malam keluarga pada hari kerja. Waktu memasaknya singkat, bahan-bahannya mudah didapat, dan menu ini adalah salah satu menu makan malam terbaik yang bisa kamu simpan sebagai menu esok hari!

Tanpa berlama-lama lagi, yuk langsung saja kita melihat resep ayam lada hitam lengkap berikut ini.

Resep Ayam Lada Hitam Lengkap Dengan Bahan & Cara Memasak

Apa saja yang kamu butuhkan untuk membuat ayam lada hitam?

  1. Ayam: Siapkan dada ayam tanpa tulang dan tanpa kulit yang dipotong dadu berukuran 2,5 cm. Kamu juga bisa menggunakan paha ayam tanpa tulang atau tender untuk resep ini.
  2. Bawang Bombay: Kamu bisa menggunakan bawang bombay atau bawang merah kecil.
  3. Paprika: Irislah paprika ekstra tipis agar matang super cepat tetapi tetap mempertahankan kecerahannya! Jangan ragu untuk menggunakan paprika dengan warna berbeda juga ya!
  4. Saus: Kecap asin, madu, cuka beras, dan saus tiram adalah yang kamu butuhkan. Bahan-bahan ini menambahkan rasa umami.
  5. Bumbu: Kamu bisa menggunakan lada utuh atau lada bubuk untuk membumbui tumisan.

Bahan Yang Dibutuhkan

  1. 300 g filet dada ayam
  2. 3 siung bawang putih, cincang halus
  3. 1 buah bawang bombay, iris panjang
  4. 2 sdm minyak untuk menumis
  5. 1 sdt kecap asin
  6. 50 g paprika hijau, potong panjang
  7. 50 g paprika merah, potong panjang
  8. 2 sdt lada hitam utuh atau bubuk

Cara Membuat Ayam Lada Hitam

  1. Panaskan minyak di atas wajan. Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Bisa juga menambahkan bawang merah di lain waktu bila ingin.
  2. Masukkan ayam yang telah dibersihkan. Aduk dan masak hingga warnanya berubah.
  3. Tuangkan kecap asin, lada hitam, dan air. Aduk hingga rata.
  4. Tambahkan paprika yang telah dipotong. Aduk kembali. Masak hingga bumbu meresap sempurna dan kuah mengental. Sajikan hangat.
  5. Dalam waktu kurang dari 30 menit, kamu bisa mendapatkan hidangan yang simpel, cepat dan hemat. Selamat memasak!

Tips Memasak Ayam Lada Hitam Lebih Enak Dengan Ayam Probiotik

Menumis merupakan salah satu teknik yang hadir dengan berbagai kombinasi protein, sayuran dan saus. Berikut adalah beberapa tips dan trik terbaik kami yang akan membantu kamu membuat ayam lada hitam asli, seperti yang disajikan di restoran Cina.

Persiapkan bahan-bahan kamu sebelumnya: Bahan-bahannya sederhana. Potong semua sayuran kamu menjadi potongan seukuran gigitan dan siapkan bawang merah, bawang bombay, dan daun bawang kamu sebelumnya sehingga kamu bisa membuang semuanya ke dalam wajan saat kamu membutuhkan ide makan malam di menit-menit terakhir!

Bumbui daging ayam kamu pada malam sebelumnya: Semakin lama kamu membumbui daging ayam, semakin baik rasanya rasa saat akan dimasak. Pastikan kamu mengiris daging ayam menjadi irisan tipis panjang sehingga bisa matang secara merata. Untuk ikan dan ayam, ukuran dadu juga bisa digunakan. Selalu potong daging ayam kamu melawan arah uratnya. Bumbui daging ayam kamu dengan garam dan lada sebelum kamu menambahkannya ke dalam wajan atau penggorengan.

Bereksperimen dengan rasa: Jangan takut untuk mengganti bumbu dan rempah yang berbeda saat mencampurkan saus kamu. Misalnya, kamu bisa menggabungkan daun kari India dengan saus Cina seperti saus tiram dan kecap agar rasanya lebih berpadu. Menggiling lada hitam segar juga akan memberikan masakanmu lebih banyak rasa daripada lada yang sudah digiling.

Tumis dengan api besar: Rahasia di resep ayam lada hitam adalah dengan menumis sayuran dan daging ayam kamu dengan api besar. Dengan ini kamu bisa dengan yakin untuk benar-benar mengeluarkan sari ayam dan membumbui hidangan secara keseluruhan. Menumis dengan api besar dalam wajan juga memberikan rasa asap yang nikmat pada ayam lada hitam kamu.

Selalu gunakan daging ayam berkualitas tinggi protein: Daging mengandung zat gizi yang tinggi terutama proteinnya dengan komposisi asam amino yang seimbang dan bermanfaat bagi tubuh manusia. Daging merupakan sumber gizi bagi manusia, dan juga merupakan sumber makanan bagi mikroorganisme.

Pertumbuhan mikroorganisme dalam bahan pangan menyebabkan perubahan yang menguntungkan seperti perbaikan bahan pangan secara gizi, daya cerna ataupun daya simpannya. Ayam Natural Poultry adalah ayam yang tidak saja mengkonsumsi bakteri Lactobacillus, tetapi juga 11 ramuan herbal seperti kunyit, kencur, jahe, temulawak, sambiloto, bawang putih, dll., sehingga kandungan lemaknya hanya 9,15% atau lebih rendah dari ayam biasanya yang mengandung 21%-25%.

Karena kandungan lemaknya rendah maka kandungan kolesterol juga rendah. Jumlah kolesterol yang rendah dalam tubuh Ayam Natural Poultry membuat kandungan proteinnya menjadi lebih besar, jika Ayam Natural Poultry mengandung 19% protein, maka Ayam biasa mengandung 17% protein.

Selalu gunakan daging ayam yang mengandung probiotik: Probiotik adalah mikro-organisme baik yang membantu tubuh untuk mempersempit waktu. Dan tempat bagi berkembangnya mikro-organisrne yang merugikan tubuh.

Jadi probiotik bukanlah antibiotik. Probiotik dapat memberi manfaat bagi tubuh dengan cara memicu pertumbuhan bakteri baik baru, yang hilang karena pengobatan antibiotik. Probiotik juga membantu menekan bakteri buruk dalam pencernaan yang dapat menimbulkan gangguan, serta menyeimbangkan jumlah bakteri baik dan buruk.

Ada beberapa kondisi yang dapat dibantu penyembuhannya dengan menggunakan probiotik, misalnya:

  1. Membantu meredakan diare yang disebabkan virus, bakteri atau parasit, maupun yang disebabkan hal lain seperti reaksi terhadap antibiotik. Probiotik merupakan salah satu jenis makanan untuk bayi diare atau orang dewasa yang boleh dikonsumsi.
  2. Meringankan sindrom iritasi usus (irritable bowel syndrome).
  3. Meredakan gejala penyakit radang usus (inflammatory bowel disease).
  4. Mencegah alergi dan pilek.
  5. Menjaga kesehatan saluran kemih dan vagina.
  6. Membantu meringankan gangguan kulit, seperti eksim.
  7. Menjaga kesehatan mulut.
  8. Menurunkan risiko infeksi pernapasan.

Ayam Natural Poultry mengandung probiotik yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan mikro-ekosistem dalam sistem pencernaan. Ayam yang diternak dengan cara probiotik memiliki kekebalan tubuh yang lebih.

Untuk itu, selalu gunakan daging ayam probiotik dan ayam kampung organik dari Ayam Natural Poultry sebagai bahan dasar dalam resep ayam lada hitam di menu makan siang kamu.

0 Comments