Home » Resep Keluarga » Resep Ayam Bekakak Bercita Rasa Lezat

Resep Ayam Bekakak Bercita Rasa Lezat

Jun 29, 2021 | Resep Keluarga

Resep ayam bekakak adalah makanan tradisional Sunda yang sering ditunggu dalam beberapa acara. Tidak hanya itu, memiliki ciri khas dan cita rasa yang lezat membuatnya selalu ditunggu. Makanan khas daerah Sunda ini memiliki cara memasak dengan dibakar. Dengan bumbu khusus yang selalu membuat para penikmatnya ingin kembali merasakannya kembali.

Dalam acara tertentu, makanan ini menjadi simbol rasa syukur. Hal ini sama seperti bentuknya yang cenderung masih utuh tidak terpotong-potong. Nah, untuk mengetahui lebih dalam mengenai menu makanan lezat yang satu ini. Maka mari kita simak ulasan yang ada di bawah ini.

 

Resep Ayam Bekakak yang Sederhana


Menu makanan khas Sunda yang satu ini sering menjadi favorit berbagai kalangan. Awalnya menu ini hanya terhidang dalam beberapa acara khusus saja.
Namun lama-kelaman olahan ayam kampung yang menggugah selera ini semakin mudah kita jumpai. Berbagai rumah makan juga mulai menyediakan layanan pemesanan.

Kita tidak lagi harus menunggu acara hajatan atau yang lainnya. Karena dahulu ayam ini akan hadir dalam acara adat, pernikahan, atau lainnya. Memiliki bentuk yang unik, seperti orang yang sedang bersila. Ayam bekakak ini dinamai oleh orang Sunda dengan nama yang berasal dari kata Bakakak.

 

Bahan-Bahan Resep Ayam Bekakak


Dalam pembuatan menu spesial kali ini kita akan membutuhkan beberapa bahan. Untuk memberikan rasa khas yang cenderung pedas, manis namun juga terdapat gurih, dengan penyajian utuh atau tidak dipotong-potong ayamnya.

  • Ayam kampung jantan           
  • Bawang putih dan bawang merah
  • Kunyit
  • Cabai merah besar
  • Jahe
  • Kemiri sangrai
  • Penyedap
  • Garam
  • Kecap manis
  • Gula merah
  • Minyak sayur
  • Air

Beberapa bahan untuk membuat resep ayam bekakak ini kita siapkan untuk membuat hidangan utama dengan tepat. Nah, setelah menyiapkan alat dan bahan yang kita perlukan, maka selanjutnya masuk proses memasak.

 

Proses Mempersiapkan Bahan


Pertama ambil ayam kampung yang masih utuh tadi. Setelah itu, kita masuk dalam proses memotongnya menjadi dua bagian.
Caranya potong secara melebar dengan menggunakan pisau yang tajam. Jangan sampai putus ketika memotongnya.

Nah untuk  bawang putih, sebaiknya kita haluskan terlebih dahulu. Setelah itu, kunyitnya kita bakar dan ikut dalam proses penghalusan. Bumbu lain yang ikut dihaluskan adalah cabai merah besar, bawang merah, jahe, dan kemiri yang telah kita sangrai tadi. Gula merah yang akan kita gunakan disisir secara lembut untuk memudahkan proses masak.

 

Proses Memasak Resep Ayam Bekakak


Pertama, ambil ayam lalu lumuri dengan bumbu halus dari  bawang putih, kunyit dan garam. Setelah itu, kita diamkan ayam berlumur bumbu tersebut selama kurang lebih 15 menit hingga meresap.
Nah cabai merah, bawang merah, bawang putih, jahe dan kemiri yang kita haluskan tadi kita campur menjadi satu. Setelah itu, mulai panaskan minyak untuk menumisnya.

Sama seperti kita menumis bumbu pada umumnya. Sebaiknya jangan menggunakan api yang besar. Tumis hingga bau harum keluar dan bumbu sedikit kecoklatan matang. Barulah kita memasak ayam yang sudah dilumuri bumbu tadi. Masa menggunakan api sedang dan tunggu sampai meresap, jangan lupa untuk tetap mengaduk atau membalik agar tidak gosong.

 

Memanggang Resep Ayam Bekakak


Setelah bumbu sudah merasuk dan ayam juga dalam kondisi bisa kita rasakan cukup matang, selanjutnya kita masuk dalam proses pembakaran.
Ayam bekakak sendiri memiliki ciri khas warna yang coklat cantik. Dengan ini kita membakarnya dengan api sedang dan mengoleskan bumbu yang masih sisa tadi.

Jangan lupa menggunakan kecap manis agar warna terlihat cantik. Jangan lupa untuk mengontrol dan membolak-balik agar tidak gosong satu sisi. Setelah itu, kita sudah siap menghidangkannya. Ayam bekakak ini biasanya dihidangkan dengan lalapan atau sambal lain untuk menikmatinya.

Maka kita bisa menyesuaikan sendiri lalapan yang biasa digunakan atau sambal kesukaan. Menu ini akan menjadi santapan cocok untuk acara keluarga.

 

Makna Resep Ayam Bekakak dalam Pernikahan


Bukan sembarang menu, ayam kampung yang satu ini memiliki filosofi yang mendalam dalam budaya. Maka pada zaman dahulu menu yang satu ini juga sering menjadi utama dan pasti dicari-cari.

Dalam pernikahan, menu ini akan dibuat secara khusus untuk mempelai perempuan. Mulai dari acara ijab qabul dan huap lingkung. Filosofi penyajian ini merupakan doa agar rezeki dalam rumah tangga. Sedangkan dalam acara huap lingkung mempelai laki-laki menyuapi mempelai perempuan sebagai bentuk kasih sayang.

Sama seperti kita berdoa bahwa dalam sebuah hubungan rumah tangga akan membutuhkan saling pengertian satu sama lain. Maka menu dalam pernikahan ini juga seperti itu.

 

Resep Ayam Bekakak dalam Khitanan dan Acara Adat


Nah, ketika menu yang satu ini hadir dalam acara khitanan, maka ini juga berarti baik. Memiliki maksud untuk mendoakan bahwa anak tersebut kini sudah besar, baik untuk fisik atau mentalnya.
Hal ini juga diibaratkan menjadi sebuah obat untuk sang anak. Ketika telah melaksanakan khitan anak akan segera sembuh dan kembali memiliki tenaga sehingga beraktivitas seperti biasanya.

Menjadi salah satu menu makanan yang sarat akan tradisi. Bahkan menjadi lambang sebagai penolak bala agar para arwah leluhur tidak mengganggu, namun membantu dalam kelancaran kegiatan. Karena menggunakan bahan dan bumbu yang bisa membuat sehat, maka menu ini diharapkan bisa menjadi obat dalam menyembuhkan penyakit kanker dan darah tinggi.

Berhubungan dengan bawang putih dan bawang merah yang akan membantu tubuh untuk tetap hangat, maka kita akan terhindar dari masuk angin dan tetap sehat. Ayam bekakak sendiri memiliki fungsi dalam berbagai acara tradisi maupun sosial. Tidak heran jika kita nanti akan menemuinya dalam bentuk dan tambahan menu lain.

 

Bahan Organik untuk Resep Ayam Bekakak


Untuk memperoleh manfaat nyata dari menu masakan yang satu ini, kita bisa menggunakan bahan yang berasal dari organik atau tanpa pestisida.
Maka kandungan dalam ayam kampung sendiri sudah sangat bagus. Apalagi jika menggunakan bahan yang berasal dari bahan alami tanpa zat kimia.

Ayam kampung organic dari Natural Poultry bisa menjadi solusi untuk masakan Anda. Menyediakan ayam dengan kualitas yang baik bahkan aman untuk segala usia. Dengan kandungan 22% protein yang terkandung dalam ayam ini, maka lemak yang terdapat di bagian kulitnya juga lebih sedikit.

Untuk proses memasaknya tidak susah juga karena merupakan ayam organik. Ketika hewan yang kita konsumsi merupakan organik dalam pemeliharaannya, maka secara otomatis kandungannya akan lebih banyak daripada hewan yang tumbuh dengan obat-obatan.

Oleh karena itu, kita harus menjadi pembeli yang cerdas. Tentu semua keuntungan dan manfaatnya juga akan Anda rasakan. Ayam organik akan memiliki ciri tertentu dan pasti sudah dimiliki Natural Poultry. Resep ayam bekakak akan terealisasikan dengan sempurna dan lezat. Anda bisa kunjungi Natural Poultry untuk mendapatkannya.

0 Comments