Home » Resep Keluarga » Rahasia Resep Ayam Kalasan ala Jogja yang Enak Banget

Rahasia Resep Ayam Kalasan ala Jogja yang Enak Banget

Mar 22, 2021 | Resep Keluarga

Resep Ayam Kalasan merupakan salah satu makanan yang paling populer di Indonesia. Apalagi asal kotanya menjadi daya tarik tersendiri untuk dikunjungi setiap akhir tahun, yaitu Jogjakarta. Sebuah kota yang memiliki daya pikat tersendiri tatkala menginjakkan kaki di sana. Entah karena terpikat suasananya yang khas tempo dulu, mas-mas jawa yang kalem, ataupun rasa masakan yang khas dan serba manis.

Salah satu masakan khas Jogja yang sangat terkenal adalah ayam kalasan. Beragam jenis ayam kalasan selalu diminati oleh masyarakat lokal dan wisatawan. Mulai dari ayam goreng kalasan, ayam bakar kalasan, ayam kalasan bakar madu, ayam goreng kalasan kremes, hingga ayam kalasan manis. Semua variasi ayam kalasan selalu lezat untuk disantap.

 

Asal Muasal Nama Ayam Kalasan


Ayam goreng kalasan ini, sejatinya bukan berasal dari kota Jogja loh, melainkan dari Kabupaten Sleman yang berada di Provinsi Yogyakarta. Di Kabupaten Sleman, terdapat sebuah kecamatan yang bernama Kecamatan Kalasan. Daerah ini menjadi cikal bakal lahirnya ayam kalasan.

Alkisah pada tahun 1940-an, ada seorang pemilik warung bernama Mbok Berek yang menjual ayam goreng. Rasanya unik dan berbeda dengan ayam goreng lainnya pada masa itu. Rupanya ada resep bumbu rahasia yang membedakannya dengan ayam goreng lainnya. Inilah yang menjadi daya tarik tersendiri sehingga warung Mbok Berek sangat ramai dikunjungi masyarakat dan pecinta kuliner. 

Warung Mbok Berek semakin berkembang dan mempekerjakan banyak karyawan. Bahkan Presiden Soekarno pernah mampir makan di warung beliau loh. 

Sayangnya, pada tahun 1960-an, usaha warung ayam goreng Mbok Berek terpaksa tutup. Hal ini dikarenakan beliau mengalami kebangkrutan tanpa masyarakat tahu alasannya. Akhirnya, bisnis ayam goreng ini diteruskan oleh para pekerjanya. Para mantan pegawai Mbok Berek mendirikan usaha warung ayam goreng yang resepnya disamakan dengan resep andalan mantan juragannya.

Mereka membuka warung ayam goreng di pinggir jalan sepanjang jalan di Kecamatan Kalasan. Wilayah ini sangat strategis karena merupakan bagian dari jalan utama Jogja Solo. Saking banyaknya warung ayam goreng yang dibuka di daerah ini, apalagi dengan cita rasa yang sama, menjadikannya sebagai sebuah kekhasan tersendiri di wilayah Kecamatan Kalasan. Hingga ayam goreng di daerah tersebut memiliki nama dan julukan tersendiri yaitu Ayam Kalasan.

Itulah asal muasal nama ayam kalasan yang melegenda. Sebuah masakan ayam yang rasanya melegenda dan tetap dinikmati hingga saat ini yang bisa dirasakan oleh masyarakat seantero nusantara.

 

Ayo Bikin Ayam Kalasan Sendiri!


Ayam kalasan yang terkenal ini, dijamin sudah ada di masing-masing kota. Kita bisa membelinya sewaktu-waktu bila ngidam atau menginginkannya. Dengan membeli ayam kalasan dari warung sederhana, maka kita bisa membantu perekonomian rakyat kecil.

Namun bila kita ingin sekali-sekali memasak ayam kalasan sendiri, bisa loh. Coba saja! Membuat ayam kalasan sendiri itu sejatinya mudah. Hanya diperlukan ketelatenan dan kesabaran dalam membuatnya dan resep ayam kalasan yang tepat.

Kita hanya perlu menyiapkan bahan dan bumbu, lalu memasaknya dengan mengikuti resep yang ada. Tenang saja, berikut ini akan disertakan cara membuat ayam kalasan yang super enak. Dijamin rasanya seperti ayam goreng yang ada di Kecamatan Kalasan. Simak baik-baik ya!

 

Baca Juga: Rahasia Resep Ayam Goreng Ungkep Empuk Anti Gagal

 

Resep Ayam Kalasan Khas Jogja


Hal pertama yang harus disiapkan adalah menyiapkan bahan-bahan. Mulai dari bahan utama, bumbu dan pelengkap. Resep berikut ini diperuntukkan bagi 4 porsi ya. Apabila hendak menyajikan lebih dari 4 porsi, bisa menyesuaikan sendiri ya.

 

Bahan untuk Memasak Ayam Kalasan Khas Jogja

  • 500 gr daging ayam (potong menjadi 4 bagian)
  • 1 buah jeruk nipis
  • 500 ml air kelapa

 

Bumbu Ayam Kalasan Khas Jogja

  • 6 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri
  • 1 cm kunyit
  • ½ sdt ketumbar
  • 1 sdt garam
  • 1 keping gula merah bulatan kecil

 

Bumbu Pelengkap Ayam Kalasan Khas Jogja

  • 1 batang serai (geprek atau memarkan)
  • 1 cm lengkuas (geprek atau memarkan)
  • 2 lembar daun salam
  • 2 buah mentimun (potong-potong)
  • ½ ikat kemangi

 

Bahan untuk Sambal Ayam Kalasan Khas Jogja

  • 4 siung bawang merah
  • 10 biji cabe rawit merah
  • 15 biji cabe rawit hijau
  • 2 buah cabe merah besar
  • 1 sachet terasi kecil
  • 1 buah tomat ukuran sedang
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya


Hal kedua yang harus dilakukan adalah membersihkan semua bahan dan bumbu tersebut. Bilas dengan air bersih supaya terhindar dari kotoran yang menempel. Selanjutnya tiriskan dan tunggu hingga kering atau bebas air.

 

Cara Memasak Ayam Kalasan Khas Jogja

  1. Lumuri daging ayam dengan perasan jeruk nipis. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dan tiriskan.
  2. Haluskan semua bumbu untuk menjadi bumbu halus. Lalu masukkan bumbu pelengkap dan geprek secukupnya di atas bumbu halus.
  3. Siapkan wajan di atas kompor. Masukkan air kelapa beserta bumbu halus. Aduk rata hingga aromanya menguar ke udara.
  4. Masukkan ayam ke dalam wajan yang telah ada bumbunya. Lalu ungkep ayam hingga airnya menyusut dan bumbu terserap dengan baik. Kira-kira membutuhkan waktu 30-45 menit.
  5. Setelah airnya menyusut, matikan kompor dan biarkan ayam berada di atas wajan dalam keadaan tertutup. Biarkan menjadi dingin sendiri.
  6. Goreng apabila sudah didiamkan selama kurang lebih 6 jam.
  7. Buatlah sambal dengan mengulek bahan sambal yang telah disiapkan.
  8. Apabila sudah digoreng, maka letakkan di atas piring dan sajikan dengan bahan pelengkap beserta sambal.


Ayam kalasan lebih nikmat bila digoreng dengan jeda waktu yang lebih lama. Misal, menyiapkan ayam kalasan pagi hari, lalu digoreng pada sore hari. Atau bisa juga dimasukkan ke dalam kulkas terlebih dahulu supaya bumbu meresap.

Resep Ayam kalasan ini memang tidak diragukan lagi kelezatannya. Apalagi bila ayam yang digunakan merupakan ayam pilihan yang memiliki kandungan protein tinggi dan sedikit lemak. Ayam yang anti bau amis dan selalu bisa menghasilkan cita rasa gurih ini, merupakan hasil produksi dari Natural Poultry.

Ayam probiotik dan ayam kampung organik Natural Poultry sudah terkenal akan kandungan nutrisinya dan cita rasanya yang khas. Kandungan proteinnya lebih banyak 22% daripada ayam lainnya. Selain itu ia mengandung sedikit lemak di bawah permukaan kulitnya daripada ayam lainnya. Hal ini tentu dapat mendukung kesehatan masyarakat pecinta makanan ayam, terutama ayam kalasan.

Dengan menggunakan ayam dari Natural Poultry untuk memasak ayam kalasan, maka kita bisa menghilangkan cara memasak nomor 1, yaitu melumuri ayam dengan jeruk nipis. Hal ini dikarenakan ayam probiotik dan ayam kampung dari Natural Poultry tidak memiliki bau amis sehingga kita tidak perlu repot-repot melumurinya dengan jeruk nipis. Hal ini tentu saja dapat menghemat waktu dan tenaga.

Tenang saja, kelezatannya juga terjamin kok. Ayam ini memiliki cita rasa yang khas, yaitu sangat gurih sehingga sangat enak bila diolah menjadi ayam kalasan. Dijamin, apabila menggunakan ayam dari Natural Poultry akan menambah cita rasa kelezatan ayam kalasan. Daging ayamnya enak, bumbunya mantap dan aroma yang menggiurkan, dijamin membuat ketagihan. Selamat mencoba!

0 Comments