Home » Resep Keluarga » Rahasia Resep Ayam Goreng Ungkep Empuk Anti Gagal

Rahasia Resep Ayam Goreng Ungkep Empuk Anti Gagal

by | Mar 22, 2021 | Resep Keluarga

Resep Ayam Goreng Ungkep – Ayam goreng ungkep merupakan salah satu makanan tradisional khas Jawa yang paling digemari oleh berbagai kalangan. Ayam goreng yang dimasak dengan teknik ungkep ini memang memiliki cita rasa tersendiri yang tak tertandingi.

Daging ayam yang empuk serta bumbu yang meresap sempurna, adalah alasan utama masakan ini digolongkan sebagai makanan paling juara se-Indonesia. Ternyata, waktu yang tersita saat memasak ayam goreng ungkep sepadan dengan kelezatannya.

Tak hanya chef dan koki saja loh yang bisa membuat ayam goreng ungkep begitu luar biasa enak. Melainkan ibu-ibu di rumah juga bisa membuatnya sendiri. Asalkan bahan-bahannya tersedia lengkap dan mau mempelajari bagaimana cara membuat ayam goreng ungkep.

Teknik Ungkep Untuk Ayam Goreng

Namun sebelum itu alangkah baiknya bila ibu-ibu mengetahui terlebih dahulu bagaimana teknik ungkep ayam goreng itu sendiri, dimulai dari pengertian ungkep.

Ungkep merupakan salah satu teknik memasak yang paling populer di negara yang kaya akan rempah-rempah ini. Ungkep adalah jenis teknik memasak yang menjadikan bumbu menyerap ke dalam bahan baku makanan dikarenakan dimasak dengan menggunakan api kecil dalam waktu yang lama.

Teknik ungkep sengaja menggunakan api kecil dan dalam waktu yang agak lama dikarenakan memungkinkan bumbu-bumbu untuk bisa masuk meresap ke dalam pori-pori secara perlahan. Apabila bumbu diresap secara perlahan, maka semua bagian bahan makanan hingga bagian terdalam telah dimasuki bumbu secara merata.

Sebenarnya bisa saja sih kita membuat ayam goreng tanpa diungkep. Hanya dibalur atau direndam biasa dengan bumbu andalan, lalu digoreng. Rasanya biasa saja.

Rasa ayam goreng ungkep dengan rasa ayam goreng yang tidak diungkep itu sangat berbeda. Ayam goreng yang telah melalui proses memasak diungkep, memiliki cita rasa yang nikmat. Bau yang wangi juga semakin menggoda selera kita untuk segera menyantapnya.

Hal inilah yang membuat teknik ungkep disukai oleh masyarakat pada umumnya. Bumbu yang tersebar merata dan masuk ke dalam daging bahan baku makanannya, adalah alasan utama mengapa teknik ungkep sangat dinikmati orang-orang, mulai dari orang biasa, pecinta kuliner, pejabat hingga para artis.

Ayo Membuat Ayam Goreng Ungkep!

Tenang saja, ibu-ibu juga bisa loh membuat makanan ungkep sendiri. Masakan ungkep yang paling mudah dibuat dengan bahan yang selalu tersedia di pasaran adalah ayam goreng ungkep.

Sebenarnya membuat ayam goreng ungkep itu sederhana loh. Tidak terlalu rumit. Bahan-bahannya sederhana. Hanya saja memang membutuhkan waktu yang lama. Namun lamanya waktu yang dibutuhkan, jelas sepadan dengan hasil akhir yang didapatkan.

Ibu-ibu bisa membuat masakan ini di rumah. Menjadi santapan akhir pekan saat keluarga berkumpul di rumah. Disajikan di atas meja selagi hangat. 

Atau bisa juga loh disimpan di dalam kulkas untuk dimakan keesokan harinya. Jadi, saat pagi hari tidak terlalu repot dalam menyiapkan sarapan untuk si kecil yang akan berangkat sekolah dan sang suami yang akan berangkat kerja. Sarapan enak di pagi hari membuat semangat seharian dalam beraktivitas.

Jadi, marilah kita belajar membuat resep ayam goreng ungkep. Paling enak bila kita berhasil membuat ayam goreng ungkepnya menjadi empuk. Simak baik-baik cara membuat ayam goreng ungkep anti gagal berikut ini yaa…

Resep Ayam Goreng Ungkep Anti Gagal

Pertama-tama, siapkan bahan-bahannya utamanya terlebih dahulu. Berikut ini adalah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat ayam goreng ungkep:

  • 1 ekor ayam negeri (potong menjadi 8-10 bagian)
  • 3 sdm minyak sayur
  • 500 ml air kelapa (bisa diganti air biasa)
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • 3 cm lengkuas (memarkan).
  • 5 cm serai (memarkan)

Kedua, siapkan bahan-bahan untuk pembuatan bumbu. Berikut ini adalah bumbu yang dibutuhkan:

  • 8 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri
  • ½ sdt merica
  • 1 cm jahe
  • 3 cm kunyit tua
  • 20 gr gula merah
  • 2 sdt garam

Ketiga, mari kita memasak. Berikut ini adalah setiap tahapan yang harus dilakukan saat memasak ayam goreng ungkep. Lakukan secara perlahan sesuai nomor urut.

  1. Cuci bersih semua bahan, lalu tiriskan hingga tidak berair
  2. Giling semua bumbu hingga halus
  3. Panaskan minyak di atas wajan, lalu tumis bumbu halus hingga tercium aroma wangi
  4. Tambahkan daun salam, daun jeruk, lengkuas dan serai. Aduk hingga merata
  5. Masukkan potongan ayam. Aduk-aduk hingga kaku
  6. Masukkan air kelapa, aduk sebentar hingga merata, lalu tutuplah wajan. Mulailah memasak dengan api sedang
  7. Kira-kira 30-45 menit kemudian, atau saat air sudah mulai berkurang, aduk-aduk sekali lagi, lalu matikan kompor
  8. Angkat ayam ungkep dan dinginkan pada suhu ruang
  9. Nyalakan kompor lagi untuk menggoreng ayam. Tuang minyak goreng dan panaskan minyak di atas wajan pada api sedang.
  10. Saat minyak sudah mulai panas, masukkan ayam ungkep secara perlahan. Goreng hingga terlihat kering dan berwarna emas kecoklatkan. Selanjutnya angkat dan tiriskan.

Itulah cara sederhana dalam membuat ayam goreng ungkep. Hanya terdiri dari 10 langkah sederhana yang bisa banget dicoba di rumah saat weekend tiba. Dijamin akan menjadi makanan favorit pilihan keluarga.

Ayam Goreng Lebih Enak dengan Ayam Pilihan

Sejatinya, kelezatan sebuah makanan juga didukung dari bahan bakunya. Bahan baku makanan pilihan yang berkualitas, dapat menjamin kelezatan suatu masakan. Termasuk dalam halnya ayam goreng ungkep.

Saat memasak ayam goreng ungkep, hendaknya memilih ayam pilihan berkualitas. Ibu-ibu bisa menggunakan ayam probiotik dan ayam kampung organik milik Natural Poultry. Kedua jenis ayam unggulan ini dinilai berkualitas karena telah teruji secara klinis untuk menghasilkan rasa ayam yang luar biasa enak. Tenang saja, nutrisi juga tetap terjamin.

Ayam probiotik Natural Poultry telah diuji secara ilmiah dalam laboratorium bahwa kandungan proteinnya lebih tinggi sebesar 22% daripada ayam biasa. Selain itu, lemak pada ayam probiotik ini juga memiliki sedikit lemak di bagian bawah kulit, baik itu ayam organic maupun ayam probiotik.

Kabar baiknya, ayam yang dikelola oleh Natural Poultry ini dijamin tidak memiliki bau amis. Bau yang netral membuat kita tetap tenang saat mengolahnya. Tidak perlu repot-repot menutup hidung atau mengatasinya dengan jeruk nipis dan sebagainya untuk mengatasi rasa amis.

Selain itu, ayam probiotik dan ayam organik dari Natural Poultry dijamin cepat empuk saat dimasak. Hal ini sangat mendukung dalam pembuatan ayam goreng ungkep. Ibu-ibu dapat menghemat waktu sekitar 10-15 menit untuk mendapatkan bumbu-bumbu meresap dan daging ayam yang empuk. 

Saat dimasak, ayam ini juga dijamin tidak menyusut yang membuat volume dagingnya menjadi mengecil. Melainkan volume daging ayam ini tetap kokoh sehingga bisa membuat puas saat memakannya. Apalagi ayam ini memiliki rasa gurih yang alami. Sehingga saat dimasak dengan teknik ungkep, dapat mendukung cita rasa kelezatan ayam goreng ungkep.

Jadi, itulah cara membuat ayam goreng ungkep yang empuk dan anti gagal. Gunakan ayam pilihan yang berkualitas dari Natural Poultry untuk menambah kelezatan ayam goreng ungkep. Selamat mencoba!

0 Comments