Home » Cooking Tips & Trick » Resep Ayam Woku Manado untuk Penikmat Kuliner Pedas

Resep Ayam Woku Manado untuk Penikmat Kuliner Pedas

Apr 12, 2021 | Cooking Tips & Trick

Hidangan ayam banyak ditemukan di mana-mana, tidak terkecuali di Manado. Hanya saja, Manado terkenal dengan hidangannya memiliki rasa dan aroma yang khas. Banyak hidangan di sana yang dimasak dan disajikan dengan bumbu yang disebut woku. Biasanya, kuliner ini memakai bahan dasar hasil laut atau daging. Tapi tidak jarang juga bumbu ini dipakai untuk memasak hidangan ayam. Awalnya, ada dua cara memasak woku, yakni woku belanga, yang memasaknya dengan menggunakan panci untuk membuat resep ayam woku Manado. Jenis lainnya yaitu dikukus atau dipanggang sembari dibungkus dengan daun woka, semacam daun yang digunakan untuk membungkus nasi, mirip dengan pepes. Alternatifnya, setelah dikukus, bisa juga kemudian dipanggang lagi.

Ayam woku bukan merupakan kuliner yang asing di Manado. Ayam woku terkenal dengan cita rasanya yang menggugah selera dan penggunaan bahan-bahannya seperti daun rempah, kemangi, dan kunyit dengan kentara. Karenanya, untuk menyajikannya, ketiga bahan ini wajib untuk menghasilkan rasanya yang khas. Kuahnya yang kental dan rasanya yang kuat menjadikan hidangan ini cukup unik dan berbeda dari hidangan ayam lainnya seperti ayam rica-rica. Anda bisa coba membuatnya sendiri di rumah dan dapat disantap kapan pun.

Ayam Woku Manado umumnya lebih terasa nikmat disajikan dengan nasi panas. Karena rasanya yang khas, hampir bisa dipastikan Anda tidak akan merasa puas dan cukup hanya dengan satu porsi. Jadi, jika Anda ingin mencicipi hidangan Manado, Anda bisa mulai dengan hidangan ini. Dalam sekali pemasakan, tergantung cara penyajian Anda dan ukuran ayamnya, hidangan ini bisa disajikan untuk sebanyak enam porsi.

Salah satu daya tarik hidangan ini adalah kuahnya. Ayam woku Manado ini terutama populer dalam kalangan penggemar kuliner pedas. Penasaran dengan resepnya? Mari simak bahan-bahan berikut.

 

Resep Ayam Woku Manado


Jika Anda hendak menyajikan hidangan ayam, tentu saja bahan utamanya adalah ayam. Tapi ayam woku Manado terasa lebih lezat jika menggunakan ayam kampung yang dipotong kecil-kecil. Untuk hidangan ini, Anda hanya membutuhkan satu ekor ayam saja, kecuali Anda hendak menyajikannya untuk banyak orang.

Untuk bahan-bahan lainnya, Anda akan membutuhkan 5 batang daun kemangi, 5 lembar daun jeruk, 1 lembar daun kunyit muda, 4 lembar daun salam, 1 buah tomat merah, dan 2 batang daun bawang Tentunya, jangan lupakan 1 sendok teh bumbu kaldu ayam, 2 sendok teh garam, ½ sendok teh gula pasir, 3 sendok makan minyak goreng untuk saat penumisan, dan sekitar 400 ml air.

Sekarang, untuk bahan bumbu halusnya agar rasa hidangannya lebih kuat dan beraroma, Bahan yang Anda butuhkan tidak sulit dicari. Yang Anda butuhkan termasuk 6 buah bawang merah, 4 siung bawang putih, 3 buah cabai merah besar, 4 buah cabai merah rawit, kunyit sepanjang 4 cm, jahe 3 cm, dan 3 buah kemiri. Seberapa banyak Anda membutuhkannya bisa disesuaikan dengan selera, jadi jangan ragu-ragu untuk berkreasi sendiri, terutama jika Anda ingin ayam woku buatan Anda pedas. Tapi pada umumnya, Anda hanya memerlukan sejumlah bahan seperti yang sudah disebutkan.

 

Bahan untuk Memasak Ayam Woku khas Manado

  • 1 ekor ayam.
  • 5 batang daun kemangi.
  • 5 lembar daun jeruk.
  • 1 lembar daun kunyit muda.
  • 4 lembar daun salam.
  • 1 buah tomat merah.
  • 2 batang daun bawang.
  • 1 sdt bumbu kaldu ayam.
  • 2 sdt garam.
  • ½ sdt gula pasir.
  • 3 sdm minyak goreng.
  • 400 ml air.

 

Bumbu Halus untuk Memasak Ayam Woku Khas Manado

  • 6 buah bawang merah.
  • 4 siung bawang putih.
  • 3 buah cabai merah besar.
  • 4 buah cabai merah rawit.
  • 4 cm kunyit.
  • 3 cm jahe.
  • 3 buah kemiri.


Setelah mendapatkan bahan tersebut, barulah Anda bisa mulai memasak dan cara memasaknya sangat mudah. Kira-kira proses pemasakan hidangan ini memakan waktu sekitar 40 menit.

 

Baca Juga: Resep Ayam Rica-Rica yang Dijamin Bikin Ketagihan

 

Cara Memasak Ayam Woku khas Manado

 

1. Olah dan Tumis Bumbu


Pertama, Anda mulai terlebih dahulu dengan mengolah bumbu halusnya, yakni bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, cabai merah rawit, kunyit, jahe, dan kemirinya. Anda bisa menguleknya sendiri atau menggunakan blender. 

Tuangkan dan panaskan sedikit minyak di wajan. Jika sudah mulai agak panas, masukkan adonan bumbu halus tadi ke wajan. Kemudian, tumislah hingga harum. Langkah ini lalu diikuti dengan menuangkan daun kunyit, daun jeruk, dan daun salam ke dalam wajan bersama adonan bumbu halus. Ulangi prosesnya, tumis hingga harum.

 

2. Masukkan Ayam dan Tambahkan Air


Langkah selanjutnya adalah memasak ayam. Pastikan Anda sudah memotong ayamnya menjadi beberapa bagian. Kemudian, tuangkan ayam ke dalam wajan dan aduk dengan bumbunya hingga merata. Pastikan semua bagian ayamnya sudah tertutupi bumbu. Selagi diaduk, tuangkan air hingga bumbunya larut. Umumnya, ayam woku disajikan dengan kuah yang agak kental dan sedikit menyusut. 

 

3. Testing Rasa dan Tambahkan Pelengkap


Saat tumisan dirasa sudah mulai mendidih, masukkan garam, gula pasir, dan bubuk kaldu ayamnya. Anda bisa menambahkannya banyak hingga sesuai dengan selera. Aduklah secara merata hingga dirasa bumbunya sudah sesuai dengan selera Anda. Teruslah memasak ayam hingga teksturnya lembut dan matang.

Setelah mulai agak matang, yang terakhir perlu dilakukan adalah menambahkan irisan tomat, daun kemangi, dan daun bawang sebagai pelengkap agar hidangan ayam woku Anda tampak menarik, berwarna, dan meningkatkan keharuman aromanya. Jika ingin berkreasi dengan rasa kuahnya, Anda juga bisa sebelumnya memasak tomat bersamaan dengan adonan bumbu halus dan ayamnya. Setelah selesai, ayam woku Manado ini sudah siap disajikan dan disantap.

 

Variasi Resep Ayam Woku Manado


Ayam woku memang khas berasal dari Manado, tapi meski begitu, hidangan ini sendiri juga memiliki banyak variasi yang patut dicoba dan mungkin bisa Anda masak sendiri di rumah. Yang pertama ada ayam woku paha sederhana. Sesuai namanya, hidangan satu ini menggunakan paha ayam sebagai bahan hidangannya.

Ada juga resep ayam woku manado yang menggunakan putih telur, yang selain menggunakan ayam, Anda juga akan merasakan sensasi kelezatan dan kelembutan tekstur telur dalam hidangannya. Cara memasaknya pun tidak jauh berbeda, yang membedakan hanya beberapa bahannya. Selain ayam dan telur, Anda juga akan membutuhkan gula jawa, bawang bombai, dan serai. Untuk mendapatkan kelezatan yang maksimal dari ayam woku telur ini, ayam dan putih telur yang sudah dipotong dadu harus direbus secara bersamaan agar semua bumbunya ke dalam ayam dan telur. Ayam woku telur ini juga sama lezat dan menariknya karena adanya lengkuas dan santan dalam kuahnya.

 

Ayam Kampung Lezat dari Natural Poultry


Ayam kampung cenderung lebih sering dipakai dalam berbagai macam hidangan. Selain karena fleksibilitasnya dalam berbagai macam hidangan, ayam kampung mengandung protein tinggi, rendah lemak, gurih alami, dan cepat empuk ketika dimasak. Karenanya, Anda perlu mencari ayam kampung berkualitas baik dan sehat.

Ayam kampung dari Natural Poultry memiliki banyak ciri-ciri tersebut. Kami menjamin dan memastikan produk ayam kampung kami tidak terkontaminasi pestisida atau logam pada daging maupun bulunya, hingga 100 persen organik, sama seperti pakan yang diberikan pada ayam. Produk kami tersedia di banyak marketplace, jadi Anda tidak akan kesulitan mencari ayam kampung dengan kualitas terbaik.Ayo dapatkan Ayam Kampung Natural Poultry untuk keluarga Anda.

Silakan hubungi kami untuk mendapatkan penawaran terbaik untuk ayam kampung yang sehat, bersih, dan kaya akan nutrisi. Selamat memasak!

0 Comments