Kelebihan Ayam Organik dan Ayam Probiotik dengan Ayam Biasa

oleh | Des 30, 2020 | Artikel | 0 Komentar

Zaman sekarang pilihan makanan di supermarket mulai beragam. Variasi yang mulai bermunculan dari yang lebih baik dan lebih mahal sudah mulai banyak yang dapat dipilih. Salah satu klaim yang muncul adalah ayam organik dan ayam probiotik jauh lebih sehat dibandingkan broiler, pertanyaannya apakah klaim tersebut benar adanya? Yuk disimak penjelasannya berikut ini.

Ayam organik adalah ayam yang dibudidaya secara bebas di alam, dengan membuat kondisi budidaya semirip mungkin dengan kondisi di alam liar. Ayam organik pun memiliki pakan yang berbeda dengan broiler. Satu hal yang membedakan Ayam Organik dengan Ayam Broiler adalah perihal pemberian pakan. Ayam Organik diberikan pakan yang tidak mengandung pestisida serta berasal dari alam itu sendiri.

Pertanyaan berikutnya apakah ayam probiotik dan ayam organik itu berbeda, jawabannya adalah berbeda! Yang membedakan kedua jenis ayam tersebut ada pada jenis pakannya. Jika ayam organik diberikan pakan yang bersifat organik atau tanpa pestisida, jikalau ayam probiotik diberikan pakan yang berisi beragam ramuan sehat.

Ayam probiotik mengkonsumsi bakteri Lactobacillus dan 11 ramuan herbal seperti kunyit, kencur, jahe, temulawak, sambiloto, bawang putih, dll. Hal tersebut membuat kandungan lemaknya hanya 9,15% atau lebih rendah dari ayam biasanya yang mengandung 21%-25%. Karena kandungan lemaknya rendah maka kandungan kolesterol juga rendah. Jumlah kolesterol yang rendah dalam tubuhnya membuat kandungan proteinnya menjadi lebih besar, jika Ayam natural poultry mengandung 19% protein.

Dengan penjelasan berikut bisa disimpulkanunggas yang dibudidaya secara organik lebih banyak memiliki kelebihan dibandingkan broiler. Beberapa kelebihan dibudidaya secara organik adalah berikut ini:

ayam organik dan ayam probiotik
image source from freepik.com

1. Memiliki angka protein yang jauh lebih tinggi

Unggas dibudidaya secara organik dipastikan memiliki angka protein yang jauh lebih tinggi dibandingkan broiler biasa. Ayam biasa memiliki kandungan protein sekitar 17% sedangkan ayam probiotik memiliki kandungan protein sekitar 19%.

2. Ayam Probiotik memiliki kandungan lemak yang jauh lebih rendah

Untuk anda yang sedang berdiet atau sedang berusaha hidup lebih sehat, unggas dibudidaya secara organik menjadi salah satu solusi. Kandungan lemak yang dimiliki ayam broiler biasa adalah sekitar 21 – 25%. Sedangkan ayam probiotik memiliki kandungan lemak hanya sekitar 9,15%.

3. Tidak memiliki kandungan bau amis

Ayam probiotik tidak memiliki bau amis yang biasa ada pada ayam broiler biasa. Kecenderungan bau yang dimiliki adalah bau herbal yang sehat. Bau herbal yang dimiliki berasal dari kandungan pakan yang biasa diberikan saat proses penangkaran. Hal ini membuat ayam probiotik tidak memiliki bau amis yang menyengat.

4. Ayam Organik dan Ayam Probiotik memiliki daging yang jauh lebih empuk

Daging yang dimiliki jauh lebih empuk dibandingkan dengan ayam biasa. Sifat empuk tersebut didapatkan dikarenakan kandungan pakan yang diberikan yang membuat dagingnya jauh lebih empuk.

5. Ayam Organik Tidak mudah terserang penyakit

Ayam broiler sebagai ayam ras pedaging bertumbuh sangat cepat dan mampu mengubah makanan yang ia makan menjadi daging dengan sangat efisien, tetapi kelebihannya itu harus ditunjang dengan pemeliharaan yang baik. Tanpa pemeliharaan yang baik daya tahan tubuhnya akan menurun dan mudah terserang penyakit.

Itu dia beberapa kelebihan yang dimiliki unggas yang dibudidaya secara organik. Natural Poultry sendiri sudah terkenal sebagai salah satu pelopor ayam probiotik terbaik dan berkualitas di Indonesia. Penangkaran yang selalu dijaga kondisi higienitasnya dan kualitas produk yang sudah dikenal oleh banyak penikmat dibudidaya secara organik memiliki kualitas yang top. Anda bisa membeli produk natural poultry langsung di website natural poultry atau di tokopedia dan shopee milik Natural Poultry.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *