Home » Resep Keluarga » Cara Membuat Steak Ayam Rumahan

Cara Membuat Steak Ayam Rumahan

Jun 29, 2021 | Resep Keluarga

Cara membuat steak ayam ala rumahan sebenarnya cukup mudah karena bahan-bahan dan proses pembuatannya lebih praktis. Nah, Anda bisa menyajikannya untuk anggota keluarga di akhir pekan saat berkumpul bersama. Memasak merupakan kegiatan sehari-hari bagi kaum wanita pada umumnya. Untuk menghasilkan masakan yang istimewa, tentunya harus bisa membuat bumbu-bumbu terasa lebih lezat.

Misalnya saja ingin memasak olahan dari daging ayam. Seperti yang kita ketahui, ayam memang bisa kita jadikan menjadi berbagai macam menu makanan yang bergizi dan lezat. Tak lain halnya dengan steak ayam. Pasalnya, makanan steak tidak hanya bisa dibuat dari daging sapi saja lho. Ternyata daging ayam pun juga bisa kita jadikan sebagai steak yang jauh lebih nikmat.

Daging ayam bisa Anda jadikan sebagai steak dengan menggunakan bumbu rumahan yang tentunya lebih praktis dan sederhana. Sebaiknya pilih daging ayam tanpa tulang dan lemak agar mendapat rasa yang lebih enak. Lalu bagaimana resepnya? Berikut penjelasannya!

 

Cara Membuat Steak Ayam Rumahan yang Praktis dan Sederhana


Steak merupakan salah satu makanan dari olahan daging panggang yang akan dicampur menggunakan saus spesial sebagai toppingnya. Bahkan cita rasa asin manis berpadu menjadi satu dengan aroma panggang yang sangat menggiurkan.
Secara umum, membuat steak biasanya bahan utamanya adalah berupa daging sapi pilihan. Meski demikian, tidak selamanya harus dengan daging sapi, bahkan menggunakan daging ayam pun Anda sudah bisa membuat steak ala rumahan.

Ada juga membuat steak dengan cara digoreng maupun dipanggang sesuai selera dengan cita rasa yang berbeda pula. Terlebih akan lebih nikmat lagi jika dinikmati sembari dengan saus kental dan sayuran yang sudah direbus sebelumnya. Steak saat ini menjadi salah satu menu favorit bagi semua orang. Bahkan cara membuat steak ayam yang benar dan tepat mampu menciptakan rasa steak yang lebih lezat dan gurih tentunya.

Meskipun biasanya olahan steak berasal dari daging sapi, namun kali ini akan menggunakan ayam sebagai bahan utamanya. Bahkan harga daging ayam sendiri jauh lebih murah daripada daging sapi umumnya. Sehingga membuat steak ayam kini menjadi alternatif bagi sebagian orang yang ingin makan steak dengan bahan lebih murah. Seperti yang kita ketahui bahwa steak berasal dari bahasa Skandinavia dengan arti irisan daging tebal yang dipanggang atau digoreng.

Selain itu, cara pengolahannya juga cukup mudah dan tidak jauh beda dengan cara memasak steak sapi. Nah, bagi Anda pecinta olahan daging ayam, tak ada salahnya untuk memuat resep tersebut. Selain caranya yang sangat mudah, bahan-bahan yang Anda butuhkan pun tidak terlalu banyak. Anda bisa membuatnya sendiri dari rumah tanpa harus mengeluarkan banyak modal.

 

Bahan untuk Membuat Steak Ayam


Sebelum lanjut ke cara membuat steak ayam, sebaiknya siapkan terlebih dahulu segala bahan-bahan yang akan Anda perlukan untuk memasak. Bahkan bahan tersebut juga mudah Anda temukan di pasar maupun supermarket, berikut ini bahannya!

  • Fillet daging ayam atau dada ayam secukupnya
  • Tepung bumbu 150 gram
  • Tepung terigu 50 gram
  • Tepung maizena 1 sdm
  • 1 butir telur ayam
  • Kaldu bubuk 1 sdt
  • Merica bubuk 1 sdt
  • Saus tiram sdm
  • Bawang putih 4 siung, cincang halus
  • Bawang merah 5 siung
  • Bawang bombay 1 siung
  • Saus tomat
  • 2 buah tomat
  • Gula pasir 1 sdm
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya
  • Mentega
  • Wortel
  • Kentang
  • Buncis

 

Cara Memasak Steak Ayam Rumahan


Selanjutnya pada tahap cara membuat steak ayam harus Anda perhatikan benar-benar langkahnya. Setelah semua bahan ada kemudian siapkan peralatan yang akan dibutuhkan seperti teflon atau wajan.

 

Cara Membuat Steak

  1. Pertama-tama, cuci sampai bersih dahulu daging ayam yang akan Anda gunakan untuk membuat steak tersebut sampai bersih.
  2. Selanjutnya rendam daging ayam tersebut menggunakan merica bubuk, saus tiram, dan kaldu bubuk, lalu masukkan ke dalam kulkas.
  3. Setelah kurang lebih 30 menit, Anda bisa menyiapkan 3 wadah untuk tepung maizena, tepung terigu, dan telur kocok.
  4. Celupkan daging ayam tersebut ke tepung terigu dan masukkan kocokan telur bersamaan dengan tepung maizena dan bumbu sampai merata.
  5. Siapkan wajan dan minyak, lalu panaskan di kompor dan masukkan daging ayam tersebut. Sebaiknya menggunakan minyak yang banyak agar dagingnya bisa terendam.
  6. Goreng kentang sampai berwarna kuning dan rebus buncis serta wortel.
  7. Terakhir sajikan steak menggunakan saus dan pelengkap lainnya. Siapkan saus sebagai bumbu di atasnya. Untuk membuat sausnya, baca petunjuk berikut ini.

 

Cara Membuat Saus


Setelah Anda tahu cara membuat steak ayam, jangan lupa untuk membuat sausnya sebagai bahan pelengkap agar terasa lebih nikmat. Nah, setelah Anda menyiapkan segala macam bumbu dan bahan-bahan di atas, selanjutnya adalah proses pembuatannya.

  1. Pertama cincang bawang putih, bawang merah, dan bawang bombay sesuai selera masing-masing.
  2. Potong tomat kecil-kecil, namun isinya harus dibuang.
  3. Selanjutnya, lelehkan mentega dan tumis ketiga bahan tersebut sampai tercium harum.
  4. Rebus tomat dan saring lalu masukkan ke dalam tumisan tersebut.
  5. Terakhir masukkan air beserta bumbu-bumbu lainnya sampai mengental. Anda juga bisa menambahkan cairan dari tepung maizena agar lebih kental.

Cukup mudah bukan? Selanjutnya Anda bisa menyiapkan piring atau wadah untuk menyajikan steak ayam tersebut. Ambil piring, letakkan potongan daging ayam yang sudah Anda goreng tadi dan taburi dengan saus bumbu. Jangan pula beri topping lain seperti buncis dan wortel rebusnya.

 

Nah setelah Anda tahu cara membuat steak ayam kini saatnya untuk mencicipi masakan yang sudah Anda buat tersebut. Steak ayam siap dihidangkan sebagai menu makanan untuk dinikmati bersama keluarga Anda. Karena rasanya yang begitu nikmat, maka tak heran jika steak ayam kini menjadi hidangan favorit bagi semua orang. Mulai dari anak-anak sampai dengan orang dewasa sekalipun.

Oleh karena itu, akan lebih baik lagi jika kita membuat sendiri dari rumah karena lebih aman dan tidak berbahaya. Jauh berbeda lagi ketika kita membeli steak ayam di luar sana, di mana kita tidak tahu bagaimana proses pembuatannya dan kehigienisannya.

Ketika Anda ingin mengolah ayam, sebaiknya pilihlah ayam probiotik maupun ayam kampung organic Natural Poultry. Sebab, Ayam Natural Poultry ini memiliki kandungan berupa protein sebesar 22% lebih banyak daripada jenis ayam lain. Bahkan lemak yang berada di bawah permukaan kulitnya jauh lebih sedikit daripada ayam yang lain. Dengan begitu, berbagai macam olahan dari ayam akan lebih aman dan sehat untuk kita konsumsi.

Menariknya lagi, keunggulan ayam Natural Poultry ini juga tidak memiliki bau amis yang tajam sehingga memudahkan kita saat memasak. Selain itu, tanpa memberikan perasan jeruk nipis, kita sudah bisa langsung memasaknya. Tentunya hal ini akan lebih menghemat tenaga dan waktu kita untuk cara membuat steak ayam lebih maksimal lagi. Meskipun tidak dicampurkan dengan perasan jeruk nipis, rasanya juga tetap terjaga dan nikmat.

0 Comments