Home » Resep Keluarga » Cara Membuat Sempol Ayam Sendiri Dirumah!

Cara Membuat Sempol Ayam Sendiri Dirumah!

Jun 29, 2021 | Resep Keluarga

Sempol ayam adalah camilan dari Kabupaten Malang yang terbuat dari tepung tapioka dengan tambahan daging ayam. Camilan ini nantinya akan berbentuk seperti sate yang dilumuri dengan telur sebelum akhirnya ke tahap penggorengan. Cara membuat sempol ayam inipun sangatlah mudah, karena hanya menggunakan bahan yang sederhana saja.

Makanan yang berasal dari Desa Sempol, Pagak, Malang ini bisa dikatakan masih saudara dengan cilok. Proses pembuatan dan bahan yang digunakan juga tak begitu jauh berbeda, justru hampir sama. Jajanan yang identik dengan rasa yang gurih ini biasanya sering kita temui di depan sekolah maupun di pinggiran jalan.

Bahkan bisa dibilang hampir setiap hari kita menemui jajanan ini, entah di jalanan ataupun di depan gang dekat rumah. Hal ini karena sempol ayam merupakan jajanan yang laris untuk dijual dengan penikmat yang banyak. Jajanan ini juga cocok untuk dinikmati segala usia, khususnya anak-anak.

 

Cara Membuat Sempol Ayam yang Praktis dan Lezat


Camilan sempol ayam terbuat dari campuran tepung tapioka dan ayam giling atau kornet dengan tambahan bumbu agar lebih lezat. Campuran tersebut kemudian dibentuk bulat panjang dan ditusukkan pada ujung bambu. Tusuk bambu ini panjangnya hingga mencapai sekitar 15 cm, sementara tepung sempol terletak di ujungnya hanya sepanjang 8 cm.

Agar siap disantap, adonan sempol ayam harus dicelupkan dulu ke dalam kocokan telur ayam untuk selanjutnya digoreng. Sempol ayam goreng inilah yang akhirnya memiliki cita rasa gurih, terlebih jika penyajiannya ditemani dengan saus tomat atau cabai. Menikmati sempol ayam akan semakin lengkap dengan adanya secangkir teh hangat atau sari buah.

Istilah sempol sendiri memiliki artian seperti paha ayam, karena adonan sempol pada tusukan bambu memang menyerupai paha ayam. Meskipun jajanan ini pada awalnya banyak dijumpai di wilayah Malang. Namun saat ini sempol ayam sudah populer di seluruh pelosok Tanah Air. Hal ini karena sempol ayam memiliki rasa yang cocok di lidah semua orang dan juga cara membuat yang mudah.

 

Resep Sempol Ayam


Sempol ayam menjadi salah satu camilan yang bisa dikreasikan kapan saja. Terutama jika sedang berlibur dari aktivitas dan menghabiskan waktu di rumah saja. Camilan murah meriah ini bisa kita buat untuk disajikan dan dinikmati bersama keluarga tercinta. Meskipun terbuat dari bahan yang sederhana, sempol ayam memiliki cita rasa yang gurih dan juga lezat.

Camilan sederhana ini memiliki tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam. Jika tertarik untuk mencicipi sempol ayam. Kita bisa menyiapkan beberapa bahan yang mudah didapat atau bahkan malah sudah tersedia di dapur. Penasaran dengan resep lengkap dan cara membuat sempol ayam? Berikut penjelasan lengkapnya.

 

Bahan yang Harus Disiapkan

  • 250 gram ayam giling
  • 100 gram tepung tapioka atau sagu
  • 3 siung bawang putih yang dihaluskan
  • Garam secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya
  • penyedap rasa secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • 25 ml santan
  • 1 batang daun bawang
  • 25 gram tepung sagu untuk taburan
  • 1 butir telur ayam utuh
  • Minyak goreng
  • Saus sambal atau saos tomat untuk pelengkap
  • Tusuk sate secukupnya

Karena sebelum memasuki proses penggorengan, cara membuat sempol ayam harus dicelupkan dulu ke dalam telur. Maka jangan sampai lupa untuk menyiapkan bahan berikut ini untuk celupan.

  • 1 butir telur ayam
  • 1 sdt tepung beras
  • Sejumput penyedap rasa

 

Cara Memasak Sempol Ayam

  1. Cara membuat sempol ayam yang pertama dengan mencampurkan daging ayam yang sudah dihaluskan. Campurkan dengan 100 gram tepung tapioka, 1 butir telur ayam, 3 siung bawang putih halus. Tambahkan lagi garam, merica bubuk, dan penyedap rasa secukupnya. Kemudian tambahkan irisan 1 batang daun bawang.
  2. Uleni adonan tersebut hingga benar-benar tercampur rata dengan bumbu. Sambil diuleni, sebaiknya cicipi adonan apakah bumbu sudah pas atau masih kurang. Jika dirasa belum sempurna, bisa tambahkan lagi bumbu sesuai selera.
  3. Setelah adonan tercampur rata, kini saatnya proses pelilitan. Lilitkan adonan yang sudah kita bentuk hingga menempel ke tusukan sate. Agar tidak lengket, saat mencetak adonan gunakan sedikit-demi sedikit tepung tapioka yang sudah disiapkan untuk taburan. Lakukan hal yang sama hingga seluruh adonan habis.
  4. Jika sudah selesai, jangan lupa untuk memanaskan air di dalam panci untuk merebus sempol ayam. Pastikan air hingga benar-benar mendidih baru kita masukkan sempol ayam ke dalam panci.
  5. Masak sempol ayam sekitar 10-15 menit atau sampai sempol matang sempurna. Apabila sudah matang, segera angkat sempol dan tiriskan.
  6. Kini saatnya membuat bahan celupan untuk proses penggorengan sempol ayam. Siapkan 1 butir telur, penyedap rasa dan tepung beras, lalu kocok hingga tercampur rata.
  7. Panaskan minyak dalam wajan untuk persiapan menggoreng sempol ayam. Sebelum digoreng, celupkan dulu sempol ayam tadi ke dalam kocokan telur. Setelah itu goreng sempol ayam hingga berwarna kecoklatan atau matang sempurna. Apabila sudah matang, segera angkat dan tiriskan.
  8. Sempol ayam siap disajikan untuk keluarga tercinta. Jangan lupa siapkan saos sambal agar rasa lebih nikmat. Cara membuat sempol ayam ini sangat mudah bukan?

 

Cara Menyimpan Frozen Food Sempol Ayam


Makanan yang dibekukan alias frozen food kini tengah trend bahkan dirasa lebih efektif untuk menyimpan makanan agar lebih awet. Beragam jenis makanan bisa dijadikan sebagai frozen food, tak terkecuali sempol ayam. Bahkan kita tidak memerlukan proses yang ribet saat akan menikmati nanti. Kita hanya perlu mengeluarkan makanan dari freezer dan menunggu makanan sampai berada di suhu ruang baru kemudian diolah.

Namun agar sempol ayam bisa menjadi makanan yang awet selama disimpan di dalam freezer. Penyimpanan tentu saja tidak bisa dilakukan secara asal-asalan, harus tetap memperhatikan beberapa aturan.

  • Simpan olahan sempol ayam yang sudah melalui proses perebusan. Penyimpanan sempol ayam sebaiknya dalam wadah yang kedap udara. Tujuannya agar frozen food tidak tercemar bau dari makanan lain, dan tidak kehilangan kelembaban.
  • Setelah menyimpan dalam wadah yang tertutup, pastikan juga untuk mengingat tanggal penyimpanan. Meskipun frozen food dinilai lebih awet, namun menyimpan makanan beku sebaiknya tidak terlalu lama. Agar tidak salah dalam mengingat tanggal, beri label tanggal masuk pada wadah. Hal ini menjadikan kita bisa menentukan makanan mana yang harus didahulukan untuk dikonsumsi.
  • Setelah menyimpan dalam freezer dan ingin mengolahnya, sebaiknya kita melakukan proses thawing terlebih dahulu. Frozen food yang disimpan dalam suhu sekian derajat tentu tidak bisa untuk langsung diolah begitu saja. Kita memerlukan proses thawing atau mencairkan makanan yang beku.

Thawing merupakan proses mencairkan makanan beku baik dengan suhu ruang, air mengalir maupun air panas. Setelah frozen food tidak beku, maka kita bisa menggorengnya dan menikmati sempol ayam.

 

Agar kualitas makanan terjamin, maka cara membuat sempol ayam haruslah menggunakan bahan yang berkualitas pula. Misalnya saja dengan memilih daging dari ayam probiotik dan ayam kampung organic Natural Poultry.

Kandungan protein Ayam Natural Poultry sebesar 22% lebih banyak daripada ayam lainnya. Sehingga membuat sempol ayam bisa lebih sehat dan aman untuk dikonsumsi. Untuk mendapatkan ayam berkualitas, silahkan mengunjungi https://natural-poultry.com/jual-ayam-kampung/.

0 Comments