Home » Resep Keluarga » Bingung Mau Masak Apa? Yuk Coba Resep Ayam Ungkep Bumbu Kuning

Bingung Mau Masak Apa? Yuk Coba Resep Ayam Ungkep Bumbu Kuning

by | Mar 22, 2021 | Resep Keluarga

Resep Ayam Ungkep Bumbu Kuning – Ayam termasuk salah satu hidangan yang umum dijumpai. Ayam juga termasuk bahan makan yang fleksibel dan bisa dijadikan hidangan apa saja dengan bahan apa pun. Dan jika Anda pecinta ayam goreng, ada satu resep ayam bumbu kuning yang bisa dicoba di rumah. Mungkin ayam goreng bumbu kuning sudah biasa dan familier bagi Anda, tapi bagaimana dengan ayam ungkep bumbu kuning? Resep satu ini cara penyajiannya juga terbilang sangat mudah dan bahkan lebih lezat dan lembut dibandingkan ayam goreng bumbu kuning biasa. Hidangan ayam ini terutama akan sangat sesuai dihidangkan pada saat bulan Ramadhan, baik itu untuk buka puasa, sahur, atau bahkan saat lebaran Hari Raya. Maka dari itu, ayam ungkep bumbu kuning bisa jadi alternatif hidangan ayam lain selain opor ayam.

Asal Usul Ayam Ungkep Bumbu Kuning

Ayam ungkep bumbu kuning tercatat dalams sejarah sudah ada sejak lama. Awalnya disajikan untuk ritual adat oleh berbagai suku di Indonesia, khususnya Jawa dan Betawi. Seiring perkembangan, menu ayam ungkep ini mulai dijadikan hidangan umum oleh masyarakat dan pada akhirnya tersebar ke seluruh negara.

Biasanya hidangan ini lebih umum disajikan di acara spesial atau perayaan seperti lebaran, pesta, ulang tahun, syukuran, dan lainnya. Ayam ungkep memiliki rasa dan tekstur tersendiri yang membuatnya berbeda dibanding hidangan ayam lainnya, karenanya banyak yang menyukai menu kuliner tersendiri. Cara menyajikannya yang mudah juga membuat ayam ungkep menjadi hidangan yang menarik.

Penasaran untuk mulai memasak dan mencicipi menu ayam satu ini? Mari simak resep ayam ungkep bumbu kuning dan cara masaknya berikut ini.

Bahan-bahan

Pada dasarnya, bumbu ayam ungkep bumbu kuning kurang lebih sama dengan ayam goreng bumbu kuning biasa. Anda butuh ½ ayam yang dipotong menjadi beberapa bagian. Umumnya yang dipakai ayam jantan, tapi bisa juga ayam kampung muda. Anda juga akan memerlukan setidaknya 6 lembar daun salam, dan 4 batang serai yang dimemarkan. Sedangkan untuk bumbu halusnya, Anda perlu sekitar 16 siung bawang putih, 6 butir kemiri, 4 ruas kunyit, 4 ruas jahe, 4 ruas lengkuas, setidaknya 2 sendok makan bubuk ketumbar, 2 bungkus kaldu bubuk, dan 2 sendok teh garam. Jika bahan-bahannya sudah siap, Anda bisa mulai memasak.

Cara Penyiapan dan Pemasakan

  1. Haluskan Bumbu Lalu Tumiskan

Pertama masukkan semua bahan yang sudah disiapkan untuk bumbu ke dalam blender, kemudian dihaluskan. Lalu, siapkan minyak ke dalam wajan yang sudah disiapkan. Berikutnya, tumis bumbu yang sudah dihaluskan dari blender hingga harum. Kemudian, angkat dan tuangkan bumbu ke wadah atau mangkuk terpisah.

  1. Tambahkan Ayam

Langkah kedua yaitu memasak ayam. Masukkan ayam yang sudah dipotong menjadi beberapa bagian ke dalam wajan bekas tumisan bumbu tadi. Lalu tuang air secara merata hingga semua permukaan ayamnya tertutupi. Akan lebih baik jika air yang dipakai air panas atau mendidih. Perlu diperhatikan bahwa jika ayam kampung muda yang dipakai, tapi bisa ditambahkan lebih banyak air karena proses pemasakan harus agak sedikit lama hingga ayamnya lunak. Kemudian, tambahkan satu mangkuk tumisan bumbu ke dalam wajan. Aduk hingga merata dan tambahkan sedikit garam.

  1. Ungkep Ayam

Ungkep ayamnya selama kurang lebih 30-45 menit sampai matang dengan api tingkat rendah atau sedang. Jika Anda merasa airnya kurang, bisa ditambahkan lagi sedikit.

  1. Tiriskan dan Dinginkan Ayam

Saat Anda lihat bumbunya sudah mengental dan airnya sudah menyerap, matikan kompornya. Anda bisa langsung menyajikannya, atau digoreng lagi hingga berwarna kuning kecoklatan. Kemudian tinggal disajikan. 

Jika Anda ingin menjadikannya stok dan disajikan di kemudian hari, setelah sudah siap, matikan kompor dan biarkan ayamnya di dalam panci selama kurang lebih 2 jam agar bumbunya meresap. Kemudian, masukkan ayam bumbu kuning yang sudah diungkep ini di dalam wadah yang rapat, lalu simpan di lemari es. Kalau Anda ingin menyimpannya hingga seminggu, sebaiknya disimpan di dalam freezer. Ini terutama perlu dilakukan jika Anda ingin memasak ayamnya selain digoreng. Ketika hendak dimasak, setelah dikeluarkan, direkomendasikan ayamnya dibiarkan dulu di suhu ruangan hingga lumer.

Karena proses setelah persiapannya yang terbilang instan, ayam ungkep bumbu kuning bisa dikatakan merupakan hidangan cepat saji. Hidangan ayam ini akan lebih nikmati lagi disajikan dengan sambal, tahu, tempe, dan beraneka macam lalapan tentunya.

Jika air bekas bumbunya masih ada, Anda bisa menggunakannya sebagai kuah soto.

Variasi Resep Ayam Ungkep Bumbu Kuning

Selain ayam ungkep bumbu kuning goreng, masih ada lagi macam-macam variasi hidangan ini. Salah satunya ayam ungkep bumbu goreng rempah. Bahan-bahannya punya juga sangat mirip, kecuali resep ini juga memerlukan jahe. Selebihnya cara pemasakan dan penyajiannya tidak jauh berbeda. Salah satu hal yang membedakan adalah bumbu utama ayam ungkep bumbu goreng rempah adalah lengkuas, tentunya untuk bumbu kremesnya yang menjadi daya tarik dan ciri khas hidangannya.

Selain itu ada ayam ungkep bumbu penyet. Untuk satu ini bahan yang Anda butuhkan kurang lebih sama, dengan tambahan 750 ml air kelapa. Dan khusus untuk menu ini, ada sambalnya tersendiri. Untuk sambalnya, Anda akan memerlukan 1 buah jeruk limau, 50 gr mangga muda yang diserut halus, 5 buah cabai keriting, 3 buah cabai rawit merah, ½ sendok teh terasi goreng, 1 sendok teh garam, dan 1 butir tomat hijau. Meski begitu, Anda juga masih bisa membuat sambal sendiri yang sesuai dengan selera.

Untuk persiapannya, rebus air kelapa bersama bumbu halus, daun salam, lengkuas, dan serai hingga ayamnya terasa empuk dan kuahnya terserap habis. Angkat dan tiriskan, kemudian tinggal disajikan atau dimasak lagi dengan cara lain.

Ayam Kampung Empuk, Lezat, dan Sehat

Untuk hasil masakan ayam kampung yang lebih lezat dan bergizi, Anda direkomendasikan memilih ayam kampung dengan kualitas terjamin. Ayam kampung yang berkualitas bagus umumnya tidak amis, berprotein tinggi, memiliki lemak rendah, gurih secara alami, dan cepat empuk. Biasanya kualitas ini berasal langsung dari peternakan alami, dan tidak terpapar oleh bahan kimia. Bulu dan dagingnya pun sama sekali tidak terekspos pestisida. Ayam Natural Poultry organik dan juga dipastikan diberi asupan pakan dari beras organik sehingga paparan ayam terhadap logam sangat rendah. 

Jika Anda mencari ayam kampung dengan kualitas terbaik dan terjamin, Anda bisa mendapatkannya di Natural Poultry Ayam Kampung. Karena kebersihannya yang terjamin, rendah lemak, dan tinggi protein, ayam Natural Poultry merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang mencari ayam kampung.Ayo dapatkan Ayam Kampung Natural Poultry untuk keluarga Anda.
Silakan hubungi kami untuk mendapatkan penawaran terbaik untuk ayam kampung yang sehat, bersih, dan kaya akan nutrisi.

0 Comments