Home » Artikel » 3 Resep Olahan Ayam Kampung untuk Hidangan Sehat Keluarga

3 Resep Olahan Ayam Kampung untuk Hidangan Sehat Keluarga

by | Apr 12, 2021 | Artikel

Olahan Ayam Kampung – Daging ayam menjadi salah satu sumber protein yang banyak dipilih oleh keluarga Indonesia. Selain harganya yang terjangkau, daging ayam juga memiliki kandungan gizi yang baik bagi kesehatan. Walaupun begitu, daging ayam memiliki 2 jenis yang berbeda, daging ayam kampung dan daging ayam negeri. Tapi hari ini kita akan membahas ayam kampung dan cara pengolahannya. Simak di bawah!

Keunggulan Ayam Kampung

1. Cara pemeliharaan

Ayam kampung diternakkan dengan cara yang tradisional. Mereka dibiarkan bebas oleh pemiliknya untuk mencari makan sendiri tanpa perlakuan khusus. Namun, ada juga peternak yang memberikan makanan berupa sisa nasi kering. 

Setelah dipelihara selama 6 bulan, ayam kampung dapat dipanen dan dijual di pasaran. Proses ini memang dibiarkan secara natural untuk menghasilkan daging yang berkualitas. Biasanya ukuran daging ayam kampung tidak sebesar daging ayam negeri. Walaupun begitu, daging ayam kampung ini memiliki nutrisi yang sama baiknya. 

2. Nutrisi Daging Ayam Kampung

Ayam kampung memiliki kandungan mineral yang dibutuhkan tubuh. Beberapa diantaranya adalah kalsium, fosfor, zat besi, dan vitamin seperti vitamin A dan vitamin B1. Kandungan lemaknya pun lebih sedikit dari ayam negeri, sehingga aman untuk dikonsumsi segala usia. 

Nutrisi dari ayam kampung yang diternakkan secara natural juga akan tetap terjaga karena tidak terkontaminasi dengan bahan kimia. Hal ini dikarenakan dalam proses pertumbuhannya daging ayam kampung tidak disuntikan hormon.

3. Rasa Daging yang Nikmat

Daging ayam kampung memang memiliki banyak kelebihan. Salah satunya adalah rasa daging yang lebih nikmat. Ini yang menjadikan ayam kampung menjadi menu pilihan untuk dinikmati bersama keluarga. Berikut adalah cara mengolah ayam kampung untuk mendapatkan daging yang nikmat dan lebih sehat.

Cara Mengolah Ayam Kampung

Daging ayam kampung sejatinya sudah memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan. Maka dari itu hal ini perlu didukung juga dengan cara memasak yang benar. Proses ini untuk menjaga nutrisi yang dikandungnya. 

Pertama, daging ayam kampung dapat diolah tanpa lemak. Kandungan lemak ini dapat ditemukan di bagian bawah kulit. Pengolahan daging ayam tanpa lemaknya menjadi pilihan untuk hidup lebih sehat.

Kedua, menggunakan teknik memasak seperti memanggang, mengukus, atau menumis. Hal ini dikarenakan, teknik menggoreng daging ayam menjadi penyumbang kadar lemak dan kalori yang tinggi pada daging. Pemilihan teknik yang lebih sehat dapat memberikan dampak juga pada kesehatan.

Di bawah ini terdapat 3 cara mengolah daging ayam kampung yang lebih sehat. Teknik pengolahan daging ayam kampung ini tanpa proses menggoreng. Hal ini menjadikan olahan daging ayam kampung menjadi lebih sehat dan dapat dinikmati untuk seluruh keluarga. Resep ini dibuat mudah dan sederhana sehingga dapat dimasak kapanpun, dimanapun, sehingga dapat dinikmati semua orang.

Resep Olahan Ayam Kampung untuk Keluarga

1. Ayam Kampung Rebus Tanpa Tulang

Bahan-bahan

Untuk membuat ayam kampung rebus tanpa tulang, siapkan ¼ ekor ayam kampung, Siapkan juga bahan lainnya seperti sejempol jahe, sebatang daun bawang, garam Himalaya, 2 siung bawang putih yang sudah dicincang, 2 sdm minyak sayur, dan 1 sdm minyak wijen. 

Cara Membuat

Proses pembuatan Ayam Kampung Rebus Tanpa Tulang tergolong mudah. Pertama, balur ayam dengan garam dan didiamkan. Selanjutnya rebus ayam hingga empuk selama 25 menit. Lalu, tambahkan jahe dan daun bawang rebus.

Kedua, siapkan wajan untuk memanaskan minyak dan bawang putih. Masak hingga layu dan sisihkan. Ketiga, tiriskan ayam yang sudah direbus untuk dilumuri minyak wijen. Setelah didiamkan sesaat, lepaskan ayam dari tulang dan kulitnya. 

Terakhir, taburi ayam dengan minyak dan bawang putih sangrai sebelum disajikan. Saat penyajian, tambahkan irisan cabai rawit dan kecap asin. Hidangan ini cocok untuk dinikmati bersama keluarga. Selain sehat, proses pembuatannya yang mudah dan praktis. 

2. Ayam Kukus Besler

Bahan-bahan

Siapkan 1 ekor ayam kampung muda, 1 buah jeruk nipis, 6 lembar daun salam, dan 1 lembar daun pandan yang sudah diiris. Beberapa bahan yang diperlukan lainnya, 10 buah cabai utuh dan 2 batang serai yang diiris serong. Selanjutnya, 3 sdm air, 1 sdm fiber crème, dan 2 sdm gula merah. Terakhir siapkan garam, penyedap jamur, minyak, dan daun pisang secukupnya.

Bahan Bumbu Halus

Untuk bumbu halus, siapkan 7 siung bawang putih, 11 butir bawang merah, dan 5 buah cabai merah besar. Siapkan juga 3 cm jahe, serta 1 cm kunyit dan 5 butir kemiri yang sudah disangrai. Terakhir, 1 buah tomat.

Cara Membuat

Terdapat 4 tahap dalam pembuatan hidangan ini. Pertama belah ayam (tidak sampai putus), lalu dicuci, dipipihkan, dan tusuk bagian ayam dengan garpu. Balur dengan air perasan jeruk dan oleskan garam secukupnya. 

Selanjutnya, tumis bumbu halus hingga harum, tambahkan air dan fiber crème. Dilanjutkan dengan gula, garam, dan penyedap jamur. Ketiga, oles seluruh bagian ayam dengan bumbu. Masukkan ke dalam daun pisang bersama daun salam, daun pandan, cabai utuh, dan serai (di bawah dan atas ayam), lalu bungkus. 

Terakhir, kukus selama 1 jam atau hingga empuk. Ayam kukus Besler siap disajikan. Akan lebih nikmat dihidangkan selagi hangat . 

3. Ayam Kuah Merah Angkak

Bahan-bahan

Untuk membuat ayam kuah merah angkak, siapkan 1 ekor ayam kampung yang sudah dipotong 12 bagian. Selanjutnya, 1 sdm angkak utuh, 5 cm jahe yang diiris tipis, dan 2 liter air. Terakhir, garam, gula, dan merica secukupnya. 

Cara Membuat

Proses pembuatan hidangan ini cukup sederhana dan tidak memerlukan banyak peralatan. Cukup dengan merebus air dan masukkan ayam serta jahe hingga mendidih. Lalu masukkan angkak, gula, garam, dan merica. Rebus hingga empuk dan ayam kuah merah angkak siap disajikan.

Bagaimana? Mudah kan mengolah ayam kampung yang lebih sehat? Pastinya kita ingin keluarga kita lebih sehat dengan ayam kampung pilihan dengan kualitas yang baik juga. Daging ayam natural Poultry menjadi pilihan tepat.

Natural Poultry memberikan daging ayam berkualitas dari penangkaran organik. Daging ayam kampung Natural Poultry diberi pakan dengan bahan herbal dan sehat. Saat pertumbuhan, ayam kampung Natural Poultry mengkonsumsi 11 ramuan herbal yang terdiri dari kunyit, kencur, jahe, temulawak, sambiloto, bawang putih, dan lainnya. Sehingga, daging ayamnya hanya mengandung 9,15 persen lemak saja. Kabar baiknya, kandungan lemak yang rendah pun menjadikan daging ayam Natural Poultry memiliki kandungan kolesterol yang rendah juga. 

Selain itu, terdapat kandungan probiotik pada ayam kampung Natural Poultry yang membuat daging ayam tidak berbau amis. Jadi tidak perlu lagi memberikan perasan jeruk nipis sebelum memasak. Selain sehat, daging ayam kampung Natural Poultry juga lebih mudah diolah. Dapatkan manfaat dan kebaikan dari daging ayam kampung Natural Poultry yang dapat dinikmati seluruh keluarga. 

0 Comments